PENGARUH METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

RAPIKA, ULANDARI (2022) PENGARUH METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1,5 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Revisi Rapika Ulandari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika dimana kedua kemampuan ini memiliki hubungan yang signifikan, artinya semakin tinggi kemampuan pemecahan masalah matematis maka semakin tinggi kemampuan komunikasi matematis siswa tersebut. Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan siswa dalam mengaplikasikan ilmu atau pengetahuannya untuk menyelesaikan masalah matematika sesuai dengan langkah-langkah pemecahan masalah matematis. Kemampuan komunikasi matematis merupakan suatu kemampuan dimana siswa dapat menyajikan suatu solusi dari masalah matematika yang sedang dihadapi dalam berbagai bentuk representasi seperti lisan, tulisan, gambar, tabel, diagram dan grafik. Berdasarkan pra penelitian yang telah dilakukan di SMP Negeri 3 Ketapang Lampung Selatan tahun pembelajaran 2022/2023, menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh guru masih belum menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. Inovasi metode pembelajaran diperlukan guna mendukung perkembangan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan metode pembelajaran Certainty Of Response Index (CRI) berbantuan video pembelajaran, dimana metode ini lebih memfokuskan pada masalah agar siswa dapat mengkonstruksikan pengetahuannya dengan mengukur tingkat pemahaman menggunakan skala CRI yang telah ditetapkan.Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui (1) Pengaruh Metode Certainty of Response Index (CRI) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, (2) Pengaruh Metode Certainty of Response Index (CRI) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa, dan (3) Pengaruh iv Metode Certainty of Response Index (CRI) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Metode pada penelitian ini adalah kuantitatif, tipe desain penelitian Quasi Experimental Design dengan populasi seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Ketapang Lampung Selatan. Pengambilan sampel pada penelitian menggunakan teknik cluster random sampling yang menghasilkan dua kelas sebagai sampel dengan masing-masing diterapkan metode pembelajaran Certainty Of Response Index (CRI) berbantuan video pembelajaran (kelas eksperimen) dan metode pembelajaran konvensional (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Multivariate Analisis Of Varian (MANOVA) dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil perhitungan yang sudah dilakukan diperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Certainty Of Response Index (CRI) berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, (2) terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Certainty Of Response Index (CRI) berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan (3) terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Certainty Of Response Index (CRI) berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Kata Kunci: Certainty of response index, video pembelajaran, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:28
Last Modified: 16 Dec 2022 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22144

Actions (login required)

View Item View Item