PERAN DIGITALISASI USAHA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PELAKU UMKM DI KOTA BANDAR LAMPUNG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pelaku UMKM Kafe di Kota Bandar Lampung)

Nurul, Fadhila (2022) PERAN DIGITALISASI USAHA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PELAKU UMKM DI KOTA BANDAR LAMPUNG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pelaku UMKM Kafe di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I  II  V  Perpustakaan Pusat_compressed.pdf] PDF
Download (567kB)
[thumbnail of Skripsi Nurul Fadhila_Full_logo UIN_compressed.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Di era revolusi industri 4.0, sebagai sektor utama di Indonesia, UMKM harus mampu menyesuaikan strategi produksi dan pemasarannya sesuai dengan perkembangan zaman agar dapat bersaing. Usaha kuliner yang sedang tren dikalangan masyarakat saat ini adalah kafe. Dikarenakan pandemi covid-19, pendapatan kafe-kafe di Kota Bandar Lampung banyak yang mengalami penurunan. Pola konsumsi masyarakat yang juga cenderung berubah dari offline ke online saat pandemi, dibutuhkan perubahan penjualan dengan menggunakan digitalisasi agar pendapatan dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran digitalisasi usaha dalam meningkatkan pendapatan pelaku UMKM kafe di Kota Bandar Lampung dan bagaimana peran digitalisasi usaha dalam meningkatkan pendapatan pelaku UMKM kafe di Kota Bandar Lampung menurut perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran digitalisasi usaha dalam meningkatkan pendapatan pelaku UMKM kafe di Kota Bandar Lampung dan untuk mengetahui bagaimana peran digitalisasi usaha dalam meningkatkan pendapatan pelaku UMKM kafe di Kota Bandar Lampung menurut perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun populasi dan sampel pada penelitian ini berjumlah 62 responden. Pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digitalisasi usaha yang dilakukan pelaku UMKM kafe dari segi akses internet yang digunakan sangat membantu para pelaku UMKM kafe. Transaksi online yang diterapkan yaitu dalam hal pemesanan produk melalui media digital dan pembayaran dengan sistem transfer. Pemasaran yang dilakukan menggunakan digitalisasi seperti media sosial, marketplace, website, e�commerce, dan lain-lain. Kemudian dalam meningkatkan pendapatan pelaku UMKM berupa penjualan yang dilakukan dengan menggunakan digitalisasi sangat mempengaruhi penjualan lebih meningkat. Lama usaha yang dijalankan membuat produktivitasnya meningkat. Jam kerja yang diterapkan oleh pelaku UMKM kafe sesuai dengan yang telah ditetapkan. Menurut perspektif ekonomi Islam, Peran digitalisasi usaha dalam meningkatkan pendapatan pelaku UMKM kafe di Kota Bandar Lampung sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam. Dimana dilakukan secara jujur dan bertujuan mencari keuntungan yang halal. Kata Kunci: Digitalisasi Usaha, Pendapatan Pelaku UMKM ABSTRACT In the era of the industrial revolution 4.0, as the main sector in Indonesia, UMKM must be able to adapt their production and marketing strategies according to the times in order to compete. A culinary business that is currently a trend among the public is a cafe. Due to the covid-19 pandemic, the income of many cafes in Bandar Lampung city has decreased. People’s consumption patterns also trend to change from offline to online during a pandemic, it takes a change in sales by using digitization so that income can increase. The formulation of the problem in this study is how the role of business digitization in increasing the income of UMKM cafe actors in Bandar Lampung City and how the role of business digitization in increasing the income of UMKM cafe actors in Bandar Lampung City according to an Islamic economic perspective. This study aims to find out how the role of business digitization in increasing the income of UMKM cafe actors in Bandar Lampung City and to find out how the role of business digitization in increasing the income of UMKM cafe actors in Bandar Lampung City according to an Islamic economic perspective. This research uses descriptive qualitative research method. The population and sample in this study amounted to 62 respondents. The collecting data using observation, questionnaires, interviews, and documentation. The resuts of this study indicate that the digitization of businesses carried out by UMKM cafe actors in terms of internet access is very helpful for UMKM cafe actors. Online transactions that are applied are in terms of ordering products through digital media and payment by transfer systems. Marketing is done using digitization such as social media, marketplaces, websites, e-commerce, and others. Then in increasing the income of UMKM cafe actors in the form of sales made using digitization, it greatly affects sales to increase. The length of the business run makes the productivity increases. The working hours applied by UMKM cafe are in accordance with what has been set. According to an Islamic economic perspective, the role of business digitization in increasing the income of UMKM cafe in Bandar Lampung City is in accordance with Islamic economic principles. Which are carried out honestly and aim to seek halal profits. Keywords: Business Digitization, Income of UMKM Actors

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:11
Last Modified: 16 Dec 2022 03:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22142

Actions (login required)

View Item View Item