EFEKTIVITAS TAKLIM SUBUH DALAM MENINGKATKAN IBADAH MAHDHAH JAMAAH MAJELIS AL-KARIM RASYID INDONESIA DI KELURAHAN KORPRI RAYA KECAMATAN SUKARAME

Muhammad, Ridho Seppriansyah LA (2022) EFEKTIVITAS TAKLIM SUBUH DALAM MENINGKATKAN IBADAH MAHDHAH JAMAAH MAJELIS AL-KARIM RASYID INDONESIA DI KELURAHAN KORPRI RAYA KECAMATAN SUKARAME. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kurangnya pengetahuan agama Islam seseorang dapat mempengaruhi kehidupan beragama seseorang. Dalam kehidupan sehari-hari seseorang harus mengetahui agama Islam dengan baik dan benar. Dalam melaksanakan agama Islam, seseorang tentu harus memahami sesuai dengan kaidah dan syariat yang ada di dalam agama Islam tersebut. Dimana yang menjadi pokok permasalahan jamaah pada bidang fiqih yakni dalam hal ibadah mahdhah. Sehingga perlu ada upaya yang dilakukan untuk membina dan meningkatkan ibadah mahdhah jamaah pada bidang fiqih ibadah tersebut. Akibat masih adanya seseorang yang kurang dalam pengetahuan ibadah mahdhah makanya majelis Al-Karim Rasyid melakukan sebuah upaya untuk memberikan pembinaan terhadap mereka yang masih dikurang dalam mengetahui ajaran agama Islam tersebut. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan rumusan masalah: “bagaimana efektivitas taklim subuh dalam meningkatkan ibadah mahdhah jamaah Majelis Al Karim Rasyid Indonesia?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas taklim subuh dalam meningkatkan ibadah mahdhah jamaah Majelis Al Karim Rasyid Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Teori yang digunakan didalam penelitian adalah teori efektivitas dan ibadah mahdhah, Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari 2 Ustadz dan 3 Orang Jamaah Majelis Al-Karim Rasyid Indonesia. Sedangkan, untuk data sekunder diperoleh dari lingkungan/masyarakat sekitar Majelis Al-Karim Rasyid Indonesia. Dari hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa kegiatan taklim subuh di Majelis Al Karim Rasyid Indonesia cukup efektif dalam meningkatkan ibadah mahdhah. Ibadah mahdhah jamaah mengalami peningkatan yang jauh lebih baik khususnya dalam ibadah iii sholat 5 waktu. Jamaah menilai taklim subuh ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan agama serta proses penyampaian dari kegiatan tersebut disusun secara baik sehingga jamaah semakin ingin untuk mengikuti taklim subuh. Kata kunci : Taklim Subuh, Ibadah Mahdhah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:09
Last Modified: 16 Dec 2022 03:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22141

Actions (login required)

View Item View Item