PENGARUH HARGA PAKET DAN KUALITAS JARINGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PRABAYAR TELKOMSEL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah FEBI UIN RIL Angkatan 2018-2020)

SITI, FAHRUN NISA KHOIRINA (2022) PENGARUH HARGA PAKET DAN KUALITAS JARINGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PRABAYAR TELKOMSEL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah FEBI UIN RIL Angkatan 2018-2020). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SITI FAHRUN FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Telepon seluler saat ini sudah menjadi kebutuhan yang pokok bagi umat manusia. Semakin pesatnya penggunaan alat komunikasi yaitu telepon seluler menjadikan gerak hidup manusia menjadi lebih mudah dan lebih dekat. Dalam hal ini maka tidak dapat dijauhkan oleh penggunaan internet dan kartu prabayar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah harga paket dan kualitas jaringan berpengaruh secara parsial serta bagaimana pengaruhnya dalam perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah harga paket dan kualitas jaringan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian kartu prabayar Telkomsel serta bagaimana pengaruhnya dalam perspektif Ekonomi Islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda yang menggunakan software SPSS Versi 25. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang berupa data hasil dari penyebaran kuesioner kepada 70 mahasiswa . Variabel bebas pada penelitian ini adalah harga paket (X1) dan kualitas jaringan (X2) sedangkan variabel terikatnya keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa harga paket berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan pembelian kartu prabayar Telkomsel. Secara parsial kualitas jaringan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian kartu prabayar Telkomsel. Selanjutnya dalam perspektif Ekonomi Islam harga paket serta kualitas jaringan yang ada pada kartu prabayar Telkomsel sudah cukup baik dan sesuai dalam hal kesesuaian harga dan manfaat yang diberikan serta kualitas produk yang baik. Namun belum sepenuhnya baik pada keterjangkauan harga artinya, harga paket yang ditawarkan kartu prabayar Telkomsel belum dapat dikatakan terjangkau oleh mahasiswa. Dalam penerapan perilaku konsumen menurut perspektif Ekonomi Islam, mahasiswa juga telah menerapkan prinsip dalam konsumsi dengan didasarkan pada dua hal yaitu mengedepankan kebutuhan dan kegunaan atau manfaat. Kata kunci : Harga Paket, Kualitas Jaringan, Keputusan Pembelian iv ABSTRACT Mobile phones are now a basic need for mankind. The rapid use of communication tools, namely mobile phones, makes human life easier and closer. In this case it cannot be avoided by using the internet and prepaid cards. The problem in this study is whether the package price and network quality affect it partially and how does it affect the perspective of Islamic Economics. This study aims to find out and analyze whether the package price and network quality partially affect the purchasing decision of Telkomsel prepaid cards and how they affect the perspective of Islamic Economics. This type of research is quantitative research using multiple linear regression analysis using SPSS Version 25 software. The data used in this study are primary data in the form of data from the results of distributing questionnaires to 70 students. The independent variables in this study are package prices (X1) and network quality (X2) while the dependent variable is the purchase decision (Y). Based on the test results, it shows that the package price has a significant negative effect on the purchasing decision of Telkomsel prepaid cards. Partially, network quality has a significant positive effect on purchasing decisions for Telkomsel prepaid cards. Simultaneous test results show that the package price and network quality together have a positive and significant effect on the purchasing decision of Telkomsel prepaid cards. Furthermore, in the perspective of Islamic Economics, the package price and network quality on Telkomsel prepaid cards are quite good and appropriate in terms of price suitability and benefits provided as well as good product quality. However, the affordability of prices is not entirely good, meaning that the package prices offered by Telkomsel prepaid cards cannot be said to be affordable for students. In implementing consumptive behavior according to the perspective of Islamic Economics, students have also applied the principles of consumption based on two things, namely prioritizing needs and uses or benefits. Keywords: Package Price, Network Quality, Purchase Decision

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Dec 2022 07:09
Last Modified: 15 Dec 2022 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22127

Actions (login required)

View Item View Item