DAMPAK PENGGUNA ONLINE SHOPPING TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN MAHASISWA DI ASRAMA AZAHWA SUKARAME BANDAR LAMPUNG

DESI, Wulandari (2022) DAMPAK PENGGUNA ONLINE SHOPPING TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN MAHASISWA DI ASRAMA AZAHWA SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI DESI WULANDARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Online shopping adalah cara belanja masa kini yang dilakukan oleh masyarakat sebagai bentuk perubahan sosial. Fenomena munculnya penggunaan online shopping memberikan perubahan cara belanja masa kini yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Mahasiswa Asrama Azahwa turut mengikuti fenomena tersebut memberikan dampak pada perubahan perilaku sosial keagamaan. Perubahan cara belanja dengan menggunakan online shopping sedikit menggeser nilai sosial keagamaan Mahasiswa Asrama Azahwa. Mahasiswa Asrama Azahwa dalam menggunakan online shopping lebih mementingkan yang diinginkan dari pada yang dibutuhkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam menggunakan online shopping? bagaimana `dampak pengguna online shopping terhadap perubahan perilaku sosial keagamaan mahasiswa di Asrama Azahwa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang mempengaruhi mahasiswa dalam menggunakan online shopping dan untuk mengetahui bagaimana dampak pengguna online shopping terhadap perubahan perilaku sosial keagamaan mahasiswa di Asrama Azahwa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah field reseach. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan sosiologis dan fenomenologi. Pengambilan informan dengan menggunakan snowball sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa mayoritas Mahasiswa Asrama Azahwa menggunakan online shopping sebagai cara belanja masa kini. Faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam menggunakan online shopping yaitu diri sendiri, lingkungan, dan kebudayaan. Dampak pengguna online shopping terhadap perubahan perilaku sosial keagamaan Mahasiswa Asrama Azahwa yaitu dampak perilaku sosial seperti, perilaku malas, membangun bisnis, dan perilaku boros. Dampak perilaku keagamaan seperti, mengabaikan waktu, kurang sillahturahmi, dan fashion. Dalam menggunakan online shopping menjadikan mahasiswa membeli barang bukan karena kebutuhan melainkan karena keinginan Mahasiswa Asrama Azahwa. Kata kunci : online shopping, perubahan sosial, perilaku

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Dec 2022 06:49
Last Modified: 15 Dec 2022 06:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22124

Actions (login required)

View Item View Item