KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESRTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 LAMPUNG SELATAN

DENADA, PUTRI (2022) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESRTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB  1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DENADA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kepemimpinan Kepala Madrasah sebagai salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam menentukan keberhasilan suatu lembaga pendidikan, karena itu Kepala Madrasah harus mampu membawa lembaganya kearah tercapainya tujuan yang telah ditetapkan, ia harus mampu melihat adanya perubahan serta mampu melihat masa depan dalam kehidupan global yang lebih baik. Namun dalam hal ini yang paling berpengaruh dalam mendisiplinkan persrta didik. Yaitu bagaimana kepemimpinan kepala madrasah mempengaruhi kedisiplinan peserta didik, bagaimana kepemimpinan kepala madrasah menggerakkan peserta didik untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah memotivasi peserta didik untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik dan bagaimana kepemimpinan kepala madrasah membimbing untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu informasi berupa huruf bukan angka. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru (pendidik),dan juga informan berasal dari perserta didik Mts 1 Negeri Lampung Selatan. Data sekunderberupa data teoritis dan dokumentasi serta data pendukung lainnya yang diperoleh dari dokumen madrasah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan perserta didik yang ada di Mts 1 Negeri Lampung Selatan sudah terlaksana namun masih terdapat beberapa kendala, hal ini dikarenakan strategi yang Kepala Madrasah lakukan belum sesuai dengan indikator dalam teori iii Wahyusumidjo yang peneliti gunakan. Adapun kendala dalam mengahadapi kedisipilinan perserta didik yaitu kendalanya dalam tiap murid memiliki karakter berbeda beda ada yang langsung menerapkan peraturan kedisipinan sesuai peraturan madrasah, ada juga yang tidak mematuhi peraturan tata tertib madrasah. Dalam menggerakkan kedisiplinan terhadap perserta didik di Mts Negeri 1 Lampung Selatan bahwa dalam hal ini kepala Madrasah sebagai motor penggerak program madrasah penuntu arah kebijakan menuju madrasah dan pendidikan secara luas. Dalam mengenai kepala madrasah dalam memberikan motivasi kedisiplinan perserta didik sudah berusaha maksimal bahwa dalam hal ini memberi motivasi, dalam setiap kegiatan maupun tugas setiap anggota, kepala madrasah juga selalu berusaha memberikan kasih sayang, merangkul dengan hati, berkomunikasi baik dengan para guru dan stafnya, menerapkan 5 S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan dan Santun) dan juga menggap bahwa setiap guru, dan staf sebagai keluarga. Dalam mengenai membimbing, kepala madrasah melaksanakan perannya dalam membimbing peserta didik dalam hal belajar mengajar, kemudian membimbing guru dalam praktik pelatihan guna menambah wawasan serta membantu guru maupun staff yang mengalami kesulitan. Kata Kunci:KepemimpinanKepala Madrasah, Perserta Didik iv ABSTRACT The leadership of the head of the madrasa as one of the components of education that plays the most role in determining the success of an educational institution, therefore the head of the madrasa must be able to bring his institution towards achieving the goals that have been set, he must be able to see changes and be able to see the future in a better global life . But in this case the most influential in disciplining students. Namely how the leadership of the madrasa principal affects the discipline of students, how the leadership of the madrasa principal moves students to improve student discipline, how the leadership of the madrasa principal motivates students to improve student discipline and how the leadership of the madrasa principal guides to improve student discipline in Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 South Lampung.This study aims to describe the Principal's Leadership in Improving Student Discipline at Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 South Lampung. This study uses a descriptive qualitative approach, namely information in the form of letters instead of numbers. This study uses data collection techniques by means of interviews, observation and documentation. The primary data in this study were the head of the madrasah and teachers (educators), as well as informants from students of Mts 1 Negeri Lampung Selatan. Secondary data in the form of theoretical data and documentation as well as other supporting data obtained from madrasa documents. Data analysis in this study uses data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The data validity test uses source triangulation. The results showed that the leadership of the madrasah principal in improving student discipline in Mts 1 Negeri Lampung Selatan had been implemented but was not quite good, this was because the strategy that the head of the madrasa did was not in accordance with the indicators in Wahyusumidjo's theory that the researchers used. The obstacles in dealing with student discipline are the obstacles in that each student has a different character, there are those who directly apply the disciplinary rules according to the rules v of the madrasa, there are also those who do not obey the rules of the madrasa. In mobilizing discipline towards students at Mts Negeri 1 Lampung Selatan, in this case the head of the Madrasah is the driving force for the madrasa program, guiding policy directions towards madrasah and education at large. Regarding the madrasa principal in providing motivational discipline, students have tried their best that in this case it gives motivation, in every activity and task of each member, the madrasa principal also always tries to give love, embrace with heart, communicate well with teachers and staff, apply 5 S (Greetings, Smiles, Greetings, Polite and Polite) and also considers every teacher and staff as family. In terms of guiding, the head of the madrasah carries out his role in guiding students in terms of teaching and learning, then guiding teachers in training practices to add insight and help teachers and staff who have difficulties. Keywords: Madrasah Principal Leadership, Leaners

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Dec 2022 04:16
Last Modified: 15 Dec 2022 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22121

Actions (login required)

View Item View Item