TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP DAMPAK LINGKUNGAN HIDUP PENAMBANGAN EMAS ILEGAL (Studi di Kelurahan Blambangan Umpu, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan)

DEWANTA, HARTAWIJAYA (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP DAMPAK LINGKUNGAN HIDUP PENAMBANGAN EMAS ILEGAL (Studi di Kelurahan Blambangan Umpu, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL DEWANTA HARTAWIJAYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penambangan emas ilegal merupakan suatu cara atau proses pengambilan atau penggalian sumber daya alam (SDA) yang dilakukan oleh sekelompok orang guna mendapatkan biji emas dengan cara menggali menggunakan alat-alat khusus maupun secara tradisional. Penambangan emas ilegal di kelurahan blambangan umpu menimbulkan perusakan lingkungan dan ekosistem terganggu akibat penambangan emas ilegal ini. Dan dalam islam sangat menentang perusakan lingkungan karena dapat berakibat pada rusaknya alam. Berdasarkan latar belakang diatas maka peneliti dapat merumuskan pokok masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Dampak Lingkungan Hidup Penambangan Emas Ilegal di Kelurahan Blambangan Umpu, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan? (2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Dampak Lingkungan Hidup Penambangan Emas Ilegal Di Kelurahan Blambangan Umpu, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan?. Adapun tujuan penelitian adalah (1) Untuk Mengetahui Bagaimana Dampak Lingkungan Hidup Penambangan Emas Ilegal di Kelurahan Blambangan Umpu, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan (2) Untuk Mengetahui Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Dampak Lingkungan Hidup Penambangan Emas Ilegal Di Kelurahan Blambangan Umpu, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode kualitatif yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memberikan informasi data terkait dampak lingkungan akibat penambangan emas ilegal di kelurahan blambangan umpu. Adapun hasil penelitian ini adalah dampak lingkungan hidup akibat penambangan emas ilegal di kelurahan blambangan umpu diantaranya, Dampak lingkungan hidup penambangan emas ilegal di kelurahan blambangan umpu, kecamatan blambangan umpu, kabupaten way kanan ada dampak terhadap lingkungannya, pencemaran air sungai, rusaknya ekosistem sungai, air sungai terkontaminasi zat berbahaya seperti zat merkuri karena penambang saat melakukan pencucian biji emas langsung di sungai tersebut, banyak pohon yang tumbang akibat tanah tidak stabil seperti dulu dan penambangan emas ilegal tersebut tidak sesuai dengan prosedur penambangan yang legal dan berizin. Tinjauan Hukum Islam terhadap dampak lingkungan hidup penambangan emas ilegal di kelurahan iii blambangan umpu merupakan bentuk perusakan lingkungan hidup yang bertentangan dengan hukum Islam, Siy ̅sah Dusturiyyah (Peraturan Perundang-undangan) melanggar Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (UUPPLH), dan Siy ̅sah Idariyyah (Administrasi Negara) Karena penambangan tersebut tidak ada surat izin yang legal. Kata kunci : Penambangan emas ilegal, dampak lingkungan, hukum islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Dec 2022 04:11
Last Modified: 15 Dec 2022 04:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22120

Actions (login required)

View Item View Item