PRAKTIK PERTANIAN KOPI MENGGUNAKAN METODE BAGI HASIL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Di Pekon Padang Tambak Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat)

RESKI, NANDA AF (2022) PRAKTIK PERTANIAN KOPI MENGGUNAKAN METODE BAGI HASIL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Di Pekon Padang Tambak Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RESKI NANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik pertanian kopi menggunakan dengan metode bagi hasil pada masyarakat Pekon Padang Tambak dalam upaya meningkatkan kesejahteraan para petani menurut perspektif ekonomi islam. Masyarakat Pekon Padang Tambak mayoritas bermatapencaharian sebagai petani kopi namun tidak semua orang memiliki lahan untuk dikelola. Sehingga mereka yang ingin meningkatkan taraf hidupnya serta memiliki pendapatan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, mereka melakukan kerjasama dengan para petani kopi yang memiliki lahan namun tidak dapat mengelolanya sendiri sehingga membutuhkan bantuan dari pihak lain untuk mengelolanya agar lahan tersebut tetap menghasilkan pemasukan bagi pemilik lahan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dengan purposive sampling yang disertai beberapa kriteria. Data primer dalam penelitian ini diperoleh langsung dari informan mengenai praktik pertanian kopi menggunakan metode bagi hasil, sedangkan data sekunder berupa teori-teori dan data penunjang lainnya diperoleh dari kepustakaan, dokumentasi dan monografi desa. Hasil dari penelitian menemukan bahwa akad dalam kerjasama bagi hasil di Pekon Padang Tambak masih belum sesuai dengan hukum islam karena masih berlandaskan pada lisan dan kepercayaan semata. Dalam kerjasama tersebut para petani melakukan praktik pertanian kopi menggunakan metode bagi hasil dengan akad muzara’ah.. Kerjasama pertanian kopi yang selama ini dilakukan sudah ada sejak lama dan menjadi kebiasaan masyarakat setempat. Dalam hal ini islam juga bermuamalah dengan istilah urf yaitu adat istiadat yang dapat dijadikan sumber hukum dengan beberapa persyaratan apabila tidak bertentangan dengan Al Quran dan Assunnah. Praktik pertanian kopi dengan menggunakakan metode bagi hasil ini sangat membantu masyarakat bagi mereka yang tidak memiliki lahan pertanian namun memiliki semangat berusaha serta kemampuan yang dapat disalurkan kemudian dapat menjadi solusi pemenuhan kebutuhan hidup mereka. Kata Kunci : Bagi Hasil, Pertani Kopi, Praktik, Kesejahteraan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:33
Last Modified: 15 Dec 2022 03:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22116

Actions (login required)

View Item View Item