STRATEGI PEMIMPIN DALAM MENINGKAT KINERJA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DI KABUPATEN TULANG BAWANG

MUHAMMAD, YUSRIL (2022) STRATEGI PEMIMPIN DALAM MENINGKAT KINERJA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DI KABUPATEN TULANG BAWANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sumber daya manusia (SDM) yang handal dan berkualitas memegang peranan yang utama dalam proses peningkatan kinerja dengan salah satu contoh yang teraplikasikan pada perbaikan produktivitas kerja. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja adalah strategi pemimpin merubah mindset SDM dan pemimpin harus menciptakan lingkungan kerja yang baik dan pemberian motivasi yang tepat. Oleh karena itu BAZNAS Kabupaten Tulang Bawang menjadi objek penelitian. Lingkungan kerja yang dimaksud, seperti tersedianya perlengkapan dan fasilitas yang memadai, suasana kerja yang menyenangkan akan dapat memberikan kinerja yang efektif dan efisien. Peran pemimpin dalam meningkatkan kinerja Karyawan ini tidak lepas dari strategi Kepemimpinan lembaga ini serta salah satu kunci sukses bagi keberhasilan seluruh organisasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Strategi Pimpinan BAZNAS Kabupaten Tulang Bawang dalam meningkatkan kinerja serta untuk mengetahui kendala dan solusi atau keberhasilannya dalam meningkatkan BAZNAS Kabupaten Tulang Bawang. Adapun metodologi penelitian ini yaitu penelitian lapangan mengumpulkan, menganalisis data dilapangan mengenai Strategi pemimpin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode: wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan analisis deskriptif kualitatif. Dan selebihnya apa yang dilakukan ini tidak lepas dari nilai ibadah kepada Allah SWT. Pelatihan dan pengembangan merupakan proses manajemen yang paling utama, dilihat dari fungsi pelatihan dan pengembangan yang dapat membantu untuk menjamin bahwa anggota organisasi memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan pekerjaan secara efektif, mengambil satu tanggung jawab baru, dan beradaptasi dengan perubahan kondisi. Pelatihan ini terfokus pada pengajaran anggota organisasi (sumber daya manusia) tentang bagaimana mereka dapat menjalankan pekerjaan dan membantu mereka mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk kinerja yang efektif. Sedangkan pengembangan terfokus pada membangun pengetahuan dan keterampilan anggota organisasi sehingga mereka dapat dipersiapkan untuk mengambil tanggung jawab dan tantangan baru. Penelitian ini menemukan bahwa Strategi Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja BAZNAS Kabupaten Tulang Bawang, hal ini ditunjukkan dengan adanya iii aturan–aturan, di sisi lain bisa dikatakan pemimpin mempunyai sifat yang lemah lembut, santun terhadap Karyawannya, mengayomi, mengakrabi terhadap bawahan, tidak pilih kasih, kekeluargaan, sering menyapa dan rasa kebersamaan menjadi menyatu di lingkungan BAZNAS Kabupaten Tulang Bawang. Saran yang disampaikan peneliti bersifat konstruktif yaitu untuk mencapai hasil yang maksimal pendekatan personal harus lebih ditingkatkan. Tanpa membeda�bedakan Karyawan/ yang satu dengan yang lain sehingga tanpa membuat itu menjadi sebuah konflik atau kecemburuan yang dirasakan oleh masing-masing Karyawan. Kata Kunci: Strategi Pemimpin dan Kinerja iv ABSTRACT Reliable and qualified human resources (HR) play a major role in the process of improving performance with one example being applied to improving work productivity. Several factors that can affect performance are the leader’s strategy to change the HR mainset and the leader must create a good work environment and provide the right motivation. Therefore, BAZNAS of Tulang Bawang Regency became the object of research. The intended work environment, such as the availability of adequate equipment and facilities, and a pleasant working atmosphere will be able to provide effective and efficient performance. The role of leaders in improving employee performance cannot be separated from the leadership strategy of this institution and is one of the keys to success for the success of the entire organization. BAZNAS of Tulang Bawang Regency. The methodology of this research is field research to collect, analyze data in the field regarding the leader’s strategy. The approach used in this study is a qualitative approach. Data were collected through the following methods: interviews, observation and documentation. The technique of data analysis is descriptive qualitative analysis. And the rest of what is done is inseparable from the value of worship to Allah SWT. Training and development is the most important management process, seen from the training and development function that can help to ensure that organizational members have the knowledge and skills needed to carry out their jobs effectively, take on new responsibilities, and adapt to changing conditions. Focuses on teaching organizational members (human resources) how they can perform their jobs and helping them gain the knowledge and skills needed for effective performance. While development focuses on building the knowledge and skills of organizational members so that they can be prepared to take on new responsibilities and challenges. This study found that the Leader’s Strategy in Improving the Performance of BAZNAS in Tulang Bawang Regency, this is indicated by the existence of rules, on the other hand it can be said that the leader has a gentle nature, polite to his employees, nurturing, familiar with subordinates, not favoritism, kinship , often greets and a sense of togetherness becomes one in the BAZNAS area of Tulang Bawang Regency. Suggestions submitted by researchers are constructive, namely to achieve maximum results the personal approach must be further improved. v Without discriminating between employees/ one with another so that without making it a conflict or jealousy felt by each employee. Keywords: Leader Strategy and Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:28
Last Modified: 15 Dec 2022 03:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22114

Actions (login required)

View Item View Item