PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA KELAS X SMA

RENA, TRI ANDINI (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA KELAS X SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RENA TRI ANDINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan bahan ajar yang tidak dilengkapi oleh media pendukung untuk memahami materi dan kegiatan pembelajaran biologi yang masih dominan menggunakan metode ceramah. Selain itu, pendidik belum mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Pendidik juga belum pernah mengintegrasikan literasi lingkungan dalam kegiatan pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu Analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi ahli materi, angket validasi ahli bahasa, angket validasi ahli media, angket tanggapan peserta didik, angket tanggapan pendidik, dan tes literasi lingkungan. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: (1) Hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase hasil sebesar 90% dengan kriteria “sangat layak”, ahli media sebesar 87% dengan kriteria “sangat layak” dan ahli bahasa sebesar 93% dengan kriteria “sangat layak”. (2) Respon pendidik terhadap e-modul materi perubahan lingkungan memperoleh persentase hasil sebesar 75% dengan kriteria “layak”. Sedangkan respon peserta didik pada uji coba skala kecil memperoleh persentase hasil sebesar 84% dengan kriteria “sangat layak” dan pada uji coba skala besar sebesar 89% dengan kriteria “sangat layak”. (3) Berdasarkan uji hipotesis didapatkan nilai signfikansi < 0,05 yaitu 0,00 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. (4) Terdapat pengaruh penggunaan e-modul pada materi perubahan lingkungan yang dikembangkan terhadap kemampuan literasi lingkungan peserta didik dengan peningkatan sebesar 0,58 dengan kategori “sedang”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul pada materi perubahan lingkungan yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan literasi lingkungan peserta didik dengan taraf sedang. Kata kunci: Pengembangan, E-Modul, Literasi Lingkungan. iii ABSTRACT This research is motivated by the use of teaching materials that are not equipped with supporting media to understand the material and learning activities in biology which are still dominant using the lecture method. In addition, educators have not optimized the use of technology in learning. Educators also have never integrated environmental literacy into biology learning activities. This type of research is Research and Development (R&D) using the ADDIE development model which consists of 5 stages of development namely Analysis, design, development, implementation, and evaluation. The research instruments used in this study were material expert validation questionnaires, linguist validation questionnaires, media expert validation questionnaires, student response questionnaires, educator response questionnaires, and environmental literacy tests. The results of research and development show that: (1) The results of the validation of material experts get a percentage of results of 90% with the criteria of "very feasible", 87% of media experts with the criteria of "very feasible" and linguists of 93% with the criteria of "very feasible" . (2) The teacher's response to the e-module on environmental change material obtained a percentage of results of 75% with the "decent" criteria. While the response of students in small-scale trials obtained a percentage of results of 84% with the criteria "very feasible" and in large-scale trials of 89% with "very feasible" criteria. (3) Based on the hypothesis test, a significance value of <0.05, namely 0.00, can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted. (4) There is an effect of the use of e-modules on environmental change material developed on students' environmental literacy abilities with an increase of 0.58 in the "moderate" category. So it can be concluded that the developed e-module on environmental change material can improve students' environmental literacy skills at a moderate level. Keywords: Development, E-Module, Environmental Literacy.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:20
Last Modified: 15 Dec 2022 03:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22113

Actions (login required)

View Item View Item