PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTS AT-THOLIBIN LAMPUNG UTARA

AL GHOFIQI, REDHIZMA (2022) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTS AT-THOLIBIN LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL AL GHOFIQI REDHIZMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Di era yang semakin berkembang ini, pendidikan masih menjadi hal terpenting untuk menopang kehidupan manusia. Sistem pendidikan formal yaitu untuk membentuk karakter pribadi, yang cerdas, pintar, kreatif, inovatif, berbudi pekerti, mandiri, dan penuh tanggung jawab diperlukan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Guru memliki peran penting, selain keluarga yang utama, dalam menanamkan nilai-nilai karakter, salah satunya karakter religius pada siswa. Terjadinya bentuk-bentuk penyimpangan disekolah merupakan perilaku yang menjadi kebiasaan dan dianggap sebagai fenomena yang lumrah di sekolah yaitu masih ada siswa yang tidak mengikuti aturan, kurang disiplin, dan tidak memiliki sopan santun terhadap guru serta melawan guru dan masih ada beberapa siswa yang bisa dikatakan belum menerapkan karakter yang baik. Walaupun tidak seluruh siswa memiliki karakter yang buruk, masih ada juga anak yang berkarakter baik. Berdasarkan uraian di atas pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana peran guru akidah akhlaq dalam menanamankan nilai- nilai karakter religius pada siswa di Mts At-Tholibin Lampung Utara. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana peran guru akidah akhlaq dalam menanamankan nilai-nilai karakter religius pada siswa di Mts at-Tholibin Lampung Utara Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan yang menjadi alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan dua sumber data, yang pertama sumber data primer melalui pengamatan dan wawancara kepada kepala sekolah, Tenaga Pendidik (Guru), dan siswa. Kedua sumber data sekunder, peneliti mengumpulkan data melalui dokumen-dokumen dan buku-buku. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik analisis interaktif, dengan tahapan reduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Peran Guru Akidah Akhlaq di Mts At-Tholibin Lampung utara sangat berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius pada siswa khususnya nilai akhlaq sudah dilaksanakan dengan baik. Terkusus Peran guru akidah akhlaq sebagai teladan, adapun peran guru sebagai teladan yaitu iv teladan disiplin, teladan berbuat jujur, teladan akhlaq mulia dan teladan menunjukan kecerdasanya. Nilai-Nilai karakter religius dimensi akhlaq yang ditanamkan kepada siswa di Mts At-Tholibin Lampung Utara adalah Tumbuhnya disiplin diri, Taat kepada ajaran agama, Gemar bersih dan kebersihan, Memiliki tata karma dan sopan santun. Peran guru sebagai teladan telah dilaksanakan dengan baik oleh guru akidah akhlaq di mts at-tholibin sehingga terjadinya perubahan sikap pada siswa menjadi lebih baik. Kata Kunci : Peran Guru Akidah akhlak, Nilai-Nilai Karakter Religius

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Dec 2022 08:36
Last Modified: 14 Dec 2022 08:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22107

Actions (login required)

View Item View Item