PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTU JURNAL BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 2 TULANG BAWANG BARAT

DEWI, FATMAWATI (2022) PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTU JURNAL BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 2 TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_DEWI FATMAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan metakognitif peserta didik yang masih rendah mengakibatkan peserta didik tidak mampu memanfaatkan kemampuan metakognitifnya saat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, terutama saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mengetahui adanya pengaruh model Flipped Classroom dengan metode discovery learning berbantu jurnal belajar terhadap kemampuan metakognitif peserta didik, (2) mengetahui adanya pengaruh model Flipped Classroom dengan metode discovery learning berbantu jurnal belajar terhadap kemampuan metakognitif peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah, serta (3) mengetahui adanya interaksi antara penggunaan model Flipped Classroom dengan metode discovery learning berbantu jurnal belajar terhadap kemampuan metakognitif yang ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian quasy eksperiment dengan desain faktorial 2x3. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah peserta didik MAN 2 Tulang Bawang Barat, yaitu XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagaik kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, angket, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan Anova dua jalur dengan taraf signifikan 5%. Setetah dilakukan analisis diperoleh hasil sig. (A) 0,003 < 0,05 sehingga H0A ditolak, skor sig. (B) 0,047 < 0,05 sehingga H0B ditolak, dan skor sig. (AB) 0,035 < 0,05 sehingga H0AB ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh model flipped classroom dengan metode discovery learning berbantu jurnal belajar terhadap kemampuan metakognitif, (2) terdapat pengaruh kemampuan metakognitif pada peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah, serta (3) terdapat interaksi antara penggunaan model Flipped Classroom dengan metode discovery learning berbantu jurnal belajar terhadap kemampuan metakognitif yang ditinjau dari kemandirian belajar. Kata kunci : Kemampuan metakognitif, Model Flipped Classroom, dan Metode Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Dec 2022 08:18
Last Modified: 14 Dec 2022 08:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22104

Actions (login required)

View Item View Item