Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dan Orang Tua dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik pada Madrasah Tsanawiyah al-Khairiyah Krawangsari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan

Supriyadi, Supriyadi (2017) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dan Orang Tua dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik pada Madrasah Tsanawiyah al-Khairiyah Krawangsari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Halaman_depan.pdf]
Preview
PDF
Download (225kB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (334kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (676kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (627kB) | Preview
[thumbnail of BabV.pdf]
Preview
PDF
Download (200kB) | Preview

Abstract

Guru dan orang tua peserta didik memiliki peran penting dalam mencetak peserta didik yang memiliki kompetisi dan skill yang berkompeten ( Prestasi belajar ) serta dalam pembinaan akhlakul karimah. Peran Guru seperti mengajarkan pendidikan Agama Islam, memberikan Bimbingan, pelatihan, dan nasehat serta menjadi tauladan bagi peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar disekolah. Sedangkan peran orang tua seperti mengajarkan nilai-nilai Islam, memberikan nasehat dan suri tauladan, melakukan pengawasan, serta memenuhi fasilitas pendidikan anak. Namun berdasarkan hasil pra survey peneliti di Madrasah Tsanawiyah ( MTS ) Al-Khairiyah Krawangsari Natar, peran Guru pendidikan Agama Islam ( PAI ) dan orang tua peserta didik didalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik sudah tergolong baik, namun ternyata saat ini masih ada sebagian peserta didik yang bertingkah laku kurang baik atau belum memiliki akhlak yamg mlia (akhlakul karimah). Untuk itulah Peneliti terarik untuk mengadaka penelitian mengenai “ Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan orang tua dalam Pembinaan Akhlakul Karimah peserta didik pada Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Krawangsari, kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selaatan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Bagaimanakah peranan Guru Pendidikan Agama Islam dan orang tua dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik pada Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Krawangsari kecamatan natar Kabupaten Lampung Selatan? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kualitatif. Dalam pengumpulan data digunakan teknik pengumpulan data berupa Wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data dilakukan dengan Reduksi Data.Penyajian Data dan Verifikasi Data. Berdasarka hasil penelitian yang penulis temukan di lapangan menyatakan bahwa “ Peran guru PAI dan orang tua dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik pada MTs AlKhairiyah Krawangsari kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan telah di implementasikan dengan baik kepada para peserta didik MTs tersebut, pelaksanaan dalam proses belajar mengajar pun berjalan dengan baik, pengawasan, bimbingan, pelatihan, nasehat serta tauladan baik dari peranan guru maupun orang tua juga telah dilaksanakan dengan baik. Namun ternyata masih ada peserta didik yang belum mau melaksanakan apa yang di contohkan oleh guru dan orang tuanya, belum melaksanakan apa yang ditugaskan oleh gurunya, belum melaksanakan kebiasaan-kebiasaan yang baik mengenai praktek ibadah yang dilatihnya, dan bahkan masih banyak yang mengelak dari pengawasan guru dan orang tuanya. Penulis menyimpulkan bahwa peranan guru PAI dan orang tua dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik membutuhkan keselarasan dari kedua belah pihak baik dari keluarga peserta didik maupun dari pihak sekolah, serta tidak juga terlepas dari kesadaran dan upaya peserta didik untuk memeiliki akhlak yang mulia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 07 Mar 2017 01:25
Last Modified: 07 Mar 2017 01:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/221

Actions (login required)

View Item View Item