ANALISIS PENILAIAN AKUNTABILITAS PADA ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT DALAM PERSPEKTIF AKUNTANSI SYARIAH (Studi Pada Baitul Maal Hidayatullah Lampung)

EVA, RATNA ANTIKA (2022) ANALISIS PENILAIAN AKUNTABILITAS PADA ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT DALAM PERSPEKTIF AKUNTANSI SYARIAH (Studi Pada Baitul Maal Hidayatullah Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1+5&dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Akuntabilitas adalah kewajiban pihak penerima amanah untuk memberikan pertanggungjawaban atas segala aktivitas dan kegiatan yang menjadi pertanggungjawabannya kepada pihak pemberi amanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penilaian akuntabilitas pada Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) dalam perspektif akuntansi syariah sesuai dengan trilogi akuntabilitas yaitu akuntabilitas kepada Allah SWT, akuntabilitas kepada manusia, dan akuntabilitas kepada alam. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh langsung dari pihak Baitul Maal Hidayatullah Lampung seperti hasil wawancara dengan pihak Baitul Maal Hidayatullah Lampung. Sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari Al- Qur’an, laporan keuangan Baitul Maal Hidayatullah Lampung, PSAK 109, buku, jurnal, dan internet. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar akuntabilitas dalam perspektif akuntansi syariah telah dilaksanakan dengan cukup baik pada Baitul Maal Hidayatullah Lampung. Akuntabilitas kepada Allah SWT dalam penyaluran dana zakat, infaq dan sedekah untuk setiap programnya sudah terlaksana dengan baik dan diwujudkan dalam beribadah sesuai dengan ajaran agama Islam dengan memenuhi hak-hak Allah SWT dan hak-hak manusia. Akuntabilitas kepada manusia dalam penyaluran dana zakat, infaq dan sedekah sudah terlaksana dengan baik, namun terkait laporan keuangannya kurang sempurna dikarenakan penyusunan laporan keuangan belum sesuai dengan komponen laporan keuangan amil. Akuntabilitas kepada alam untuk penyaluran dana zakat, infaq dan sedekah sudah terlaksana dengan baik, serta akuntabilitas kepada alam diwujudkan dengan konsep kantor ramah lingkungan yang berjalan dengan kesadaran individu, belum ada kebijakan resmi dari pihak organisasi. Dengan adanya program penanaman pohon sebagai sarana untuk menjaga kelestarian lingkungan. Kata Kunci: Akuntabilitas, Organisasi Pengelola Zakat, Perspektif Akuntansi Syariah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:51
Last Modified: 14 Dec 2022 03:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22083

Actions (login required)

View Item View Item