IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 NATAR LAMPUNG SELATAN

HAYATUN, NURUL HIDAYAH (2022) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 NATAR LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS  PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_Hayatun Nurul Hidayah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kurikulum merupakan bagian yang sangat berperan penting dalam mengembangkan ide dan rancangan menjadi proses pembelajaran sehingga mampu mencapai tujuan pendidikan yang dicita-citakan suatu lembaga pendidikan. Kurikulum 2013 merupakan hasil tindak lanjut pemerintah dalam menyempurnakan kurikulum sebelumnya. Sebelum kurikulum 2013 diterapkan, haruslah memiliki perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang bertujuan untuk melihat apakah implementasi kurikulum tersebut sudah terlaksana dengan baik atau belum. Penelitian yang dilakukan oleh penulis menggunakan penelitian kualitatif, dilakukan pada kondisi alamiah dengan hasil penelitian yang bersikap deskriptif yang menekankan pada kata bukan angka, selain jenis penelitian penulis menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi analisis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran di SMP Muhammadiyah 3 Natar Lampung Selatan. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa proses perencanaan pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 di SMP Muhammadiya 3 Natar Lampung Selatan sudah bisa dikatakan baik. Namun secara garis besar, tenaga pendidik menyusun RPP hanya berdasarkan pemahamannya sendiri. Proses pelaksaaan pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 di SMP Muhammadiyah 3 Natar sudah terlaksana sesuai dengan yang direncanakan. Namun dalam ketercapaian kompetensi peserta didik dalam pelaksanaan proses pembelajarannya masih diperbaiki secara berkelanjutan. Proses penilaian hasil pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 di SMP Muhammadiyah 3 Natar Lampung Selatan sedang diusahakan oleh masing-masing tenaga pendidik dalam penanaman proses penilaian otentik (authentic assesment) terus dilakukan, yaitu menilai kesiapan peserta didik, proses dan hasil belajar secara utuh. Kata Kunci: Implementasi Kurikulum 2013, proses pembelajaran iii ABSTRACT The curriculum is a very important part in developing ideas and designs into a learning process so as to be able to achieve the goals that an educational institution aspires to. The 2013 curriculum is the result of the government's follow-up in improving the previous curriculum. Before the 2013 curriculum is implemented, it must have planning, implementation, and evaluation that aims to see whether the implementation of the curriculum has been implemented properly or not. The research conducted by the author uses qualitative research, carried out in natural conditions with descriptive research results that emphasize words not numbers, in addition to the type of research the author uses data collection techniques using interviews, observation, and analytical documentation. The purpose of this study was to determine the implementation of the 2013 curriculum in the learning process at SMP Muhammadiyah 3 Natar South Lampung. The results obtained indicate that the learning planning process in implementing the 2013 curriculum at SMP Muhammadiya 3 Natar South Lampung can be said to be good. But in general, educators prepare lesson plans only based on their own understanding. The process of implementing learning in the implementation of the 2013 curriculum at SMP Muhammadiyah 3 Natar has been carried out as planned. However, the achievement of student competence in the implementation of the learning process is still being improved on an ongoing basis. The process of assessing learning outcomes in the implementation of the 2013 curriculum at SMP Muhammadiyah 3 Natar South Lampung is being pursued by each educator in instilling an authentic assessment process (authentic assessment) that continues to be carried out, namely assessing student readiness, learning processes and outcomes as a whole. Keyword: Implementation of the 2013 Curriculum, learning process

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2022 08:13
Last Modified: 13 Dec 2022 08:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22078

Actions (login required)

View Item View Item