PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DI MI AL-KHAIRIYAH RERANGAI KATIBUNG LAMPUNG SELATAN

FARHAN, MAULANA (2022) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DI MI AL-KHAIRIYAH RERANGAI KATIBUNG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pendidikan menjadi salah satu kebutuhan bagi setiap manusia, bahkan Pendidikan saat ini menjadi kebutuhan utama dikehidupan manusia, karena pendidikan banyak memberikan informasi dan ilmu yang dapat memanusiakan manusia, karena tanpa Pendidikan, manusia tidak akan punya pedoman hidup yang akan mengarahkan manusia kepada keberhasilan dalam hidupnya. Melihat kehidupan modern pada saat ini, sangat terasa bahwa betapa pentingnya peranan organisasi untuk kepentingan manusia, khususnya lembaga pendidikan seperti madrasah yang merupakan organisasi yang sangat kompleks dan unik, yang mempunyai tingkat koordinasi yang tinggi, oleh sebab itu dibutuhkan kepala madrasah yang bisa membawa keberhasilan atau tercapainya tujuan madrasah. Kepala madrasah juga harus bisa mengikuti perkembangan zaman yang terus berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Kepala Madrasah merupakan orang yang diberi amanat untuk melaksanakan tugasnya harus bertanggung jawab sepenuhnya dengan apa yang dia putuskan,supaya kepemimpinanya menjadi kepemimpinan yang berhasil. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Kepala Madrasah Sebagai Manajer di MI Al-Khairiyah Rerangai Katibung Lampung Selatan. Serta mengetahui bagaimana Planning, Organizing, Actuating, dan Controling yang dilaksanakan dalam penerapannya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, Observasi, dan dokumentasi. Validitas penelitian ini juga menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun sumber penelitian ini didapatkan dari kepala sekolah, ketua tata usaha, dan guru. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, memberikan informasi bahwa peran kepala madrasah sebagai manajer di MI Al-Khairiyah Rerangai Katibung Lampung Selatan sudah cukup baik dalam penerapannya. Hal ini ditinjau dari ke empat aspek manajerial yaitu iii Planning, Organizing, Actuating, dan Controling. Hal tersebut juga sejalan dengan Teori George R. Terry, serta hasil dari wawancara yang bersumber dari Kepala Madrasah dan Staff TU dan Guru yang penulis tanyai serta dukungan dari hasil Observasi dan Dokumentasi yang penulis ambil. Adapun peran kepala madrasah di MI Al�Khairiyah memiliki sikap dan sifat yang menjadi penunjang keperanannya sebagai manajer. Berdasarkan temuan yang penulis temukan, bapak Supriyadi selaku kepala madrasah memiliki sifat yang rendah hati, bijaksana, mudah bersosialisasi yang menjadi aspek tambahan dalam menjalankan peran manajerial. Keywords: Kepala Madrasah, Manajer iv ABSTRACT Education were one of the needs for every human being, even education were currently the main need in human life, because education provides a lot of information and knowledge that can humanize humans, because without education, humans will not had a great life guidelines that will lead humans to success in their lives. Looking at modern life at this time, it is very felt that how important the role of organizations is for the benefit of humans, especially educational institutions such as madrasah which are very complex and unique organizations, which had a high level of coordination, therefore a madrasa head is needed who can bring success or achievement of madrasah goals. The head of the madrasa had to be able to keep up with the times that continue to change over time. The head of the Madrasa were a person who given the mandate to carry out his duties must be fully responsible for what he decides, so that his leadership becomes a successful leadership. Therefore, this study aims to determine the Role of the Head of Madrasah as a Manager in MI Al-Khairiyah Rerangai Katibung South Lampung. As well as knowed how Planning, Organizing, Actuating, and Controling are implemented in its implementation. This research were qualitative researcher methods with a descriptive qualitative approaches. This study used data collection techniques conducted with interviews, observations, and documentation. The validity of this study also uses source triangulation techniques. The source of this research was obtained from the principal, the head of administration, and teachers. Data analysis in this study uses data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the results of this study, it provides information that the role of the head of the madrasa as a manager in MI Al-Khairiyah Rerangai Katibung South Lampung were quite good in implementation. This is reviewed from the four managerial aspects, Planning, Organizing, Actuating, and Controling. This is also in the line with the Theory of George R. Terry, as well as the results of v interviews sourced from the Head of Madrasah and TU Staff and Teachers that the author asked and support from the results of observation and documentation that the author took. The role of the head of the madrasa in MI Al-Khairiyah had a nature attitude that supports his role as a manager. Based on the found by the author, Mr. Supriyadi as the principal had a characteristic likewise humble, wise, easy-to-socialized which is an additional aspect in carry out the managerial roles. Keywords : The Headmaster of Madrasah, The Role of Managerial

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2022 08:10
Last Modified: 13 Dec 2022 08:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22077

Actions (login required)

View Item View Item