IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU MUHAMMADIYAH GUNTER BANDAR LAMPUNG

Ajie, Tama Putra (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU MUHAMMADIYAH GUNTER BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AJIE TAMA PUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen Sumber daya manusia merupakan langkah dalam mencapai kesuksesan sebuah visi dan misi dari perusahaan atau lembaga. Tanpa adanya pemeliharaan sumber daya manusia yang baik, perusahaan atau organisasi tidak akan mampu bersaing di era modern. Kebutuhan akan tenaga kerja yang mampu menjalankan kebutuhan perusahaan menjadi hal yang perlu di manage. Permasalahan yang muncul pada era modern saat ini adalah perkembangan teknologi tidak selaras dengan kualitas manusianya. Dunia pendidikan tidak jauh berbeda dengan perusahaan atau organisasi. Visi dan Misi sekolah dapat tercapai apabila terdapat kerja sama antara sumber daya manusia itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen sumber daya manusia yang terjadi di SD IT Muhammadiyah Bandar Lampung. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses perekrutan, pelatihan, kompensasi, dan pemberhentian yang terjadi serta hambatan apa yang menjadi kendala dalam pengimplementasiannya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Validitas penelitian ini juga menggunakan teknik triangulasi sumber dengan membandingkan informasi yang penulis dapatkan terhadap teori yang penulis pakai. Adapun sumber penelitian ini didapatkan dari kepala sekolah, kepala tata usaha, dan guru sebagai informan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memberikan informasi bahwa implementasi manajemen sumber daya manusia di SD IT Muhammadiyah yang dikaji melalui empat aspek, yaitu perekrutan, pelatihan, kompensasi dan pemberhentian sudah berjalan dengan seharusnya. Keempat aspek utama yang penulis teliti sesuai dengan teori Schuler dan pendapat dari ketiga informan yang penulis teliti. Adapun kendala yang terjadi yaitu dalam proses perekrutan yang terjadi. Permasalahan tersebut masih dapat ditangani oleh kegiatan penelitian yang membangun kinerja guru untuk mendidik anak usia dasar. Kata Kunci: Implementasi, Manajemen Sumber Daya Manusia iii ABSTRACT Human resource management was a step to achieve the success of a vision and mission of a company or institution. Without the maintenance of good human resources, companies or organizations will not be able to compete in the modern era. The need for workers who are able to carry out the company's needs was something that needs to be managed. The problem that arised in today's modern era was technological developments are not in line with human quality. The world of education were not much different from companies or organizations. The school's vision and mission can be achieved if there was cooperation between the human resources themselves. This study aims to determine how “the implementation of human resource management” that occurs at SD IT Muhammadiyah Bandar Lampung. This study also aims to find out how the recruitment, training, compensation, and dismissal processes and obstacles in their implementation. This research were qualitative researcher that approaches a qualitative deskriptif. This research were collection the data by interviews, and documentation. The validity of the research were use triangulation of resource. The data collection was from the headmaster, the head of administration, and teacher. This research were analyzed by data reduction, data presentation, and conclusion drawing. This study provides information that “the implementation of human resource management” at SD IT Muhammadiyah was reviewed through four aspects, namely recruitment, training, compensation and dismissal has been running properly. The four main aspects that the writer examines are in accordance with Schuler's theory and the opinions of the three informants that writer examines. The obstacles that occur are in the recruitment process that occurs. These problems can still be handed by research activities that build teacher performance in educating elementary school. Keywords: Implementation, Human Resource Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2022 08:08
Last Modified: 13 Dec 2022 08:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22076

Actions (login required)

View Item View Item