ANALISIS PELAKSANAAN DAN DAMPAK PROGRAM PENGEMBANGAN INDUSTRI RUMAHAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada UMKM di Desa Waimuli Timur Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan)

Ade, Rosma Dewi (2022) ANALISIS PELAKSANAAN DAN DAMPAK PROGRAM PENGEMBANGAN INDUSTRI RUMAHAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada UMKM di Desa Waimuli Timur Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ADE ROSMA DEWI 1551010002.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dar penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menjelaskan dampak dari Program Pengembangan Industri Rumahan terhadap peningkatan pendapatan UMKM di Desa Waimuli Timur Kec Rajabasa Kab Lampung Selatan serta untuk mengetahui dan menjelaskan dampak Program Pengembangan Industri Rumahan dalam perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang mengambil data dari lapangan (field research) dengan jenis sumber data meliputi data primer dan data sekunder yang diperoleh menggunakan metode pengumpulan data seperti obervasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Lokasi penelitian yang dipilih ialah di Desa Waimuli Timur Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung, dengan populasi meliputi seluruh pelaku usaha penerima program pengembangan Industri Rumahan di Desa Waimuli Timur yang berjumlah sebanyak 15 pelaku usaha dan sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu berjumlah 15 sampel. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis menggunakan metode berfikir deduktif yakni dimulai dari fakta-fakta umum, peristiwa�peristiwa yang kongkrit, kemudian dari fakta-fakta dan peristiwa yang umum kongkrit tersebut ditarik generalisasi yang mempunyai sifat khusus. Kemudian hasil analisis data akan disajikan secara deskriptif, dengan menggambarkan apa adanya sesuai dengan permasalahan yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian, Program Pengembangan Industri Rumahan memiliki peran positif dalam meningkatkan pendapatan usaha. Hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan pendapatan usaha selama program berlangsung. Bantuan berupa alat penunjang produksi memberikan manfaat yang baik terhadap produksi usaha. Faktor lain yang membantu peningkatan pendapatan usaha ialah adanya pelatihan dan pendampingan usaha dari Program Pengembangan Industri Rumahan, dengan adanya pelatihan dan pendampingan maka pengetahuan pelaku usaha terhadap bisnis akan bertambah sehingga pelaku usaha dapat mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki. Berdasarkan tinjauan ekonomi islam, bahwa yang dilakukan harus sejalan dengan syari’at Islam yang berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits. Kegiatan Program Pengembangan Industri Rumahan memiliki prinsip keseimbangan antara pemenuhan kebutuhan materiil dan pemenuhan kebutuhan spiritual, yakni keseimbangan antara usaha untuk kehidupan dunia dan untuk kehidupan akhirat kelak. Kata Kunci : Program Pengembangan, Industri Rumahan, Peningkatan Pendapatan, UMKM, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2022 07:39
Last Modified: 13 Dec 2022 07:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22071

Actions (login required)

View Item View Item