BIMBINGAN KELOMPOK DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI ANAK ASUH BARU DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) PANTI ASUHAN RAUDHATUL AITAM BANDAR LAMPUNG

KHULSUM, AL HUMAIRY (2022) BIMBINGAN KELOMPOK DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI ANAK ASUH BARU DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) PANTI ASUHAN RAUDHATUL AITAM BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of RIRY FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Anak-anak asuh yang baru tinggal di panti asuhan banyak sekali permasalahan yang dihadapi terutama dalam menyesuaikan dirinya terhadap lingkungan dan teman-teman disekitar, penyebab anak-anak asuh tinggal di panti dikarenakan orang tua yang tidak sanggup untuk membutuhi biaya pendidikan, serta anak-anak yatim. hal ini tentu saja membuat anak asuh baru harus bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru, banyak dari mereka saat baru tinggal di panti merasakan adanya kecemasan, malu dan tidak merasa betah tinggal di panti hingga ingin pulang kerumahnya. dalam hal ini tentu dibutuhkan bimbingan kelompok untuk membantu anak-anak asuh baru dalam proses penyesuaian diri selama ia tinggal di Panti Asuhan Raudhatul Aitam Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan dan Hasil dari bimbingan kelompok yang ada di panti. penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deksriptif. Sumber data dari penelitian ini yakni data primer yang mana teknik sampel yang digunakan menggunakan teknik purposive sampling yang diperoleh dari Ketua panti, pengurus panti dan juga 5 orang anak asuh baru yang terdapat di Panti Asuhan Raudhatul Aitam Bandar Lampung. Sedangkan data sekunder yang diperoleh yakni dari buku, jurnal, penelitian yang relevan yang mendukung penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara tidak struktur, observasi non partisipan dan metode dokumentasi, sedangkan teknik analisa data yang digunakan menurut Miles and Huberman ada 3 yakni reduksi data, penyajian data (data display), serta kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan pelaksanaan bimbingan kelompok mengalami adanya perubahan sikap dan perilaku anak asuh baru sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan bimbingan kelompok, dalam penelitian ini pengurus panti melaksanakan bimbingan kelompok dalam upaya meningkatkan penyesuaian diri anak asuh baru dengan berbagai tahapan dan teori (REBT) yang digunakan dalam pelaksanaan bimbingan kelompok. yang mana hasilnya menunjukkan hasil yang baik dan sesuai dengan tujuan yang dicapai. dengan itu diharapkan anak-anak asuh akan lebih bisa fokus dalam pendidikan dan mengejar cita-cita nya selama ia tinggal di Panti Asuhan Raudhatul Aitam Bandar Lampung Kata kunci : Bimbingan kelompok, Penyesuaian diri iv ABSTRACT There are many problems faced by foster children who just live in orphanages, especially in adjusting themselves to the environment and friends around them. the cause of foster children living in orphanages is because their parents cannot affrod to pay for their education, as well as their children, orphans, this of course makes new foster children have to be able to adopt to the new environmet, many of them when they just live in the orphanage feel anxiety, shame and do not feel at home living in the orpahanage until they want to go home, in this case guidance is certainly needed group to help new foster children in the adjusment process during their stay at the Raudhatul Aitam Orpahanage in Bandar Lampung. This study aims to determine the implementation and results of group guidance in the orphanage. this research is a descriptive field research. the source of data from this research is primary data where the sample technique used uses purposive sampling technique obtained from the head of the orphanage. the caretaker of the orphanage and also 5 new foster children in the Raudhatul Aitam Orphanage in Bandar Lampung. while secondary data obtained from books, journals, relevant research that supports this research. data collection techniques in the study used unstructured interviews, non participant observation and documentation methods. while the data analysis techniques used according to Miles and Huberman were 3, namely data reduction, data display, and conclusions, The findings of the study showed that the implementation of group guidance experienced changes in the attitudes and behavior of new foster children before and after participating in group guidance activities, in this study, the caretaker of the orphanage carried out group guidance in ad effort to improve the adjusment of new foster children with various stages and theories (REBT) used in the implementation of group guidance. in which the results showed good results and in accordance with the goals achivied. with that, it is hoped that foster children will be able to focus more on education and pursue their dreams while the stay at Raudhatul Aitam Orphanage in Bandar Lampung Keywords: Group guidance, self-adjustment

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Dec 2022 07:29
Last Modified: 12 Dec 2022 07:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22050

Actions (login required)

View Item View Item