MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TUNAS BANGSA MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN

Astri, Yanah (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TUNAS BANGSA MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ASTRI YANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dilatar belakangi dengan rendahnya perkembangan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di TK Tunas Bangsa Merbau Mataram Lampung Selatan, terdapat masih ada beberapa anak yang kesulitan dalam mengenal dan menyebutkan simbol huruf dan pasif dalam belajar membaca permulaan di karenakan masih terdapat kurangnya media pembelajaran di TK Tunas Bangsa Merbau Mataram Lampung Selatan. Subjek dari penelitian ini berjumlah 18 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Spral Kemmis dan Mc. Taggart sedangkan pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi dan dokumentasi. Membaca permulaan adalah satu kesatuan kegiatan terpadu mencakup beberapa kegiatan seperti mengenali huruf-huruf dari kartu huruf, dalam membaca permulaan, anak dikenalkan dengan bentuk huruf abjad dari A samapai dengan Z huruf-huruf tersebut perlu di hapalkan dan di lafalkan sesuai dengan bunyinya. Kartu huruf merupakan kartu abjad yang biasanya berukuran sebesar kartu pos, tiap kartu terdapat bentuk huruf yang berbeda-beda dan di sertai gambar dan tulisan dari makna gambar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode permainan kartu huruf di kelompok B TK Tunas Bangsa Merbau Mataram Lampung Selatan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa kemampuan membaca permulaan anak meningkat melalui permainan kartu huruf, yang dilakukan melalui langkah-langkah 1).Peneliti mengkondisikan anak untuk menjelaskan media kartu huruf 2). Menunjukan bentuk media kartu huruf 3). Menginformasikan bahwa ada beberapa indikator yang di ujikan 4). Pada kegiatan akhir guru menunjukan manfaat media yang digunakan. Peningkatan dapat dibuktikan dari hasil pra�penelitian anak sudah berkembang sangat baik berjumlah 4 anak dengan persentase 22%, pada siklus I anak sudah berkembang sangat baik berjumlah 6anak dengan persentase 33% pada siklus II anak iii sudah berkembang sanagat baik berjumlah 10 anak dengan pesentase 56% dan pada siklus ke III anak sudah mencapai berkembang sangat baik berjumlah 14 anak dengan persentase 78%, dengan demikian dapat disimpulkan permainan kartu huruf dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini TK Tunas Bangsa Merbau Mataram Lampung Selatan. Kata kunci : Kemampuan Membaca Permulaan, Permainan Kartu Huruf iv ABSTRACT This thesis is backgrounded by the low development of initial reading skills in group B children in Tunas Bangsa Merbau Mataram Kindergarten, South Lampung, there are still some children who have difficulty in recognizing and mentioning letter symbols and are passive in learning to read early because there is still a lack of learning media in Tunas Bangsa Merbau Mataram Kindergarten, South Lampung. The subjects of this study totaled 18 children consisting of 9 boys and 9 girls. This study is a class action study using the spral Kemmis and Mc. Taggart models while data collection is used by means of observation and documentation. Reading the beginning is a unified activity that includes several activities such as recognizing the letters of the letter cards, in reading the beginning, the child is introduced to the alphabetic letter form of A samapai with Z the letters need to be memorized and recited according to the sound. Letter cards are alphabetical cards that are usually the size of postcards, each card has a different letter shape and is accompanied by pictures and writings from the meaning of the image. This study aims to improve the ability to read the beginning through the letter card game method in group B of Tunas Bangsa Merbau Mataram Kindergarten, South Lampung. The results of this study show that children's initial reading ability is improved through letter card games, which are carried out through step 1). Researchers conditioned the child to explain the medium of the letter 2 card). Shows the shape of the letter card media 3). Informing that there are several indicators tested 4). In the final activity, the teacher showed the benefits of the media used. The increase can be proven from the results of pre-study that children have developed very well, totaling 4 children with a percentage of 22%, in cycle I children have developed very well totaling 6 children with a percentage of 33% in cycle II children have developed well numbering 10 children with a percentage of 56% and in the third cycle children have reached very good development totaling 14 children v with a percentage of 78%, Thus, it can be concluded that letter card games can improve the ability to read early childhood in Tunas Bangsa Merbau Mataram Kindergarten, South Lampung. Keywords: Beginning Reading Ability, Letter Card Game

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Dec 2022 07:27
Last Modified: 12 Dec 2022 07:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22049

Actions (login required)

View Item View Item