PERAN PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI TK QURROTA A’YUN TELUK BETUNG TIMUR BANDAR LAMPUNG

AMANDA, BALQIS (2022) PERAN PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI TK QURROTA A’YUN TELUK BETUNG TIMUR BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI AMANDA BALQIS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan sosial emosional merupakan suatu proses mencakup perubahan dalam individu dengan orang lain, perubahan emosi dan perubahan kepribadiannya. Salah satu potensi dan kemampuan anak yang perlu dikembangkan oleh pendidik dan orang tua adalah potensi dan kemampuan sosial emosional anak. Interaksi yang harmonis akan mempelancar proses sosialisasi anak. Maka keluarga merupakan lembaga yang paling penting dalam proses perkembangan anak. Dalam penelitian penulis merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaiaman peran pendidikan keluarga dalam pengembangan sosial emosional anak di TK Qurrota A’yun Teluk Betung Timur?. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran pendidikan keluarga dalam pengembangan sosial emosional anak di TK Qurrota A’yun Teluk Betung Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan metode penelitian kualitatif deskriptif yang melibatkan guru, orang tua, dan anak, Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di TK Qurrota A’yun Teluk Betung Timur. Sampel ditunjukkan kepada orang tua yang mempunyai anak uisa dini yang bersekolah di TK Qurrota A’yun Teluk Betung Timur. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis dan disajikan dalam bentuk narasi sehingga dapat ditarik kesimpulan yang diinginkan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pendidikan keluarga dalam pengembangan sosial emosional anak di TK Qurrota A’yun Teluk Betung Timur berperan dengan baik, hal ini disebabkan karena adanya pendidikan keteladanan yang dilakukan oleh orang tua/keluarga baik dalam perkataan, perbuatan, sikap dan perilaku yang dapat membantu anak mengetahui rasa senang, sedih, marah dan takut. Optimalnya dalam pengajaran bergaul atau bersosialisasi dengan orang lain yang membantu anak mampu berteman,bermain dan berkerja sama dengan orang lain. Pembinaan yang dilakukan orang tua dalam pembiasaan hal-hal yang positif dan juga pemberian iii pengarahan kepada anak bagaimana bersikap dengan orang tua, teman, dan orang dewasa lainnya. Dan juga mengajarkan anak untuk bisa mengenal dan mengontrol dirinya agar memiliki sikap sabar juga mampu mematuhi aturan-aturan yang ada. Hal tersebut didampingi dengan memberikan pendidikan empati, aspek afiliasi, pendidikan pengembangan kebiasaan positif, dan juga pendidikan dalam memanajeman diri, yang dapat membantu dalam pengembangan sosial emosional pada anak usia dini. Kata kunci : Pendidikan Keluarga, Pengembangan Sosial Emosional Anak iv ABSTRACT Emotional social development is a process that includes changes in individuals with other people, emotional changes and personality changes. One of potentials and abilities of children that need to be developed by educators and parents is the potential and social emotional abilities of children. Harmonious interaction will facilitate the child’s socialization process. The family is the most important institution in the process of child development. In the research, the writer formulates the problem as follows: what is the role of family education in the social-emotional development of children at Qurrota A’yun Kindergarten, Teluk Betung Timur?. The purpose of this study is to find out how the role of family education in the social-emotional development of children at Qurrota A’yun Kindergarten, Teluk Betung Timur. This research used descriptive qualitative research method involving teachers, parents, and children. Data collected through observation, interviews, and documentation. This research was conducted at Qurrota A’yun Kindergarten, Teluk Betung Timur. The sample of the questionnaire were shown to parents who attend TK Qurrota A’yun Teluk Betung Timur. Then the data that has been collected analyzed and presented in narrative form so that the desired conclusions can be drawn. The results of the study show that the role of family education in the social-emotional development of children in Qurrota A’yun Kindergarten Teluk Betung Timur plays a good role, this is due to exemplary education carried out by parents/families both in words, actions, attitudes and behaviors that can help children know the feelings of joy, sadness, anger and fear. Optimally in teaching to get along or socialize with other people who help children be able to make friends, play and work together with others. Guidance carried out by parents in the habit of positive things and also providing direction to children how to behave with parents, friends, and other adults. And also teaches children to be able to recognize and control themselves so that they have a patient attitude and are also able to obey existing v rules. This is accompanied by providing empathy education, affiliation aspects, positive habit development education, and also self�management education, which can help in the social-emotional development of early childhood. Keywords: Family Education, Children’s Emotional Social Development

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Dec 2022 07:14
Last Modified: 12 Dec 2022 07:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22047

Actions (login required)

View Item View Item