PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS I-STEM (ISLAMIC, SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) DI SMA NEGERI 1 KOTABUMI

CYNTHIA, ZAHRA (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS I-STEM (ISLAMIC, SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) DI SMA NEGERI 1 KOTABUMI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CYNTHIA ZAHRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS I-STEM (ISLAMIC, SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) DI SMA NEGERI 1 KOTABUMI Oleh Cynthia Zahra Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini yaitu teknologi belum dimanfaatkan dengan baik, sedangkan peserta didik sebagian besar sudah memiliki smartphone, bahan ajar yang digunakan selama 3 tahun terakhir masih terbatas, yaitu hanya menggunakan buku cetak yang ada di perpustakaan sekolah yang jumlahnya masih terbatas yaitu dipakai secara bergantian antar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengembangan, mengetahui kelayakan dan kemenarikan E-modul pembelajaran biologi berbasis I-STEM materi sistem pencernaan manusia pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kotabumi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Research and Development (R&D) yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kotabumi dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang berjumlah 71 peserta didik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg & Gall yang disederhanakan jadi tujuh tahapan dari sepuluh tahapan. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) Produk E-Modul pembelajaran biologi berbasis I-STEM materi sistem pencernaan manusia pada siswa kelas XI. (2) Tingkat validitas E-Modul yang dikembangkan oleh ahli materi, ahli Bahasa, dan ahli media. E-Modul yang dikembangkan telah teruji kelayakannya oleh ahli materi dengan diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 98%, ahli Bahasa 98%, dan ahli media 95%. Adapun tanggapan yang diberikan oleh pendidik adalah sebesar 95% dan tanggapan peserta didik 94%. Sehingga secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa E-Modul pembelajaran biologi berbasis I-STEM (Islamic, Science Technology, Engineering, and Mathematics) materi sistem pencernaan manusia yang dikembangkan adalah “Sangat Menarik” untuk digunakan peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Kotabumi. Kata kunci : E-Modul Pembelajaran Biologi, I-STEM, Sistem Pencernaan Manusia iii ABSTRACT DEVELOPMENT OF I-STEM-BASED BIOLOGY LEARNING E-MODULES (ISLAMIC, SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) AT SMA NEGERI 1 KOTABUMI By Cynthia Zahra The problems that arise in this study are that technology has not been used properly, while most of the students already have smartphones, the teaching materials used for the last 3 years are still limited, namely only using printed books in the school library, which are still limited in number, which is used regularly. alternate between students. This study aims to determine the development characteristics, determine the feasibility and attractiveness of the I�STEM-based biology learning module for the human digestive system material in class XI students at SMA Negeri 1 Kotabumi. The research design used was Research and Development Research (R&D) which was carried out at SMA Negeri 1 Kotabumi with the research subjects being students of class XI IPA 1 and XI IPA 2, totaling 71 students. The development model used in this research is the Borg & Gall model which is simplified into seven stages out of ten stages. The results of this development research are: (1) The E-Module product for biology learning based on I-STEM material on the human digestive system in class XI students. (2) The level of validity of the E�Module developed by material experts, language experts, and media experts. The developed E-Module has been tested for feasibility by material experts with an overall average of 98%, linguists 98%, and media experts 95%. The responses given by educators are 95% and student responses are 94%. So overall it can be concluded that the I�STEM (Islamic, Science Technology, Engineering, and Mathematics)- based biology learning module for the human digestive system developed is "Very Interesting" for use by class XI students at SMA Negeri 1 Kotabumi. Keywords: E-Module Learning Biology, I-STEM, Human Digestive System

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Dec 2022 07:10
Last Modified: 12 Dec 2022 07:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22046

Actions (login required)

View Item View Item