EFEKTIVITAS PROGRAM BANDAR LAMPUNG MAKMUR DAN BERKEADILAN BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELOMPOK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi Pada BAZNAS Kota Bandar Lampung)

Irvani, A Muchtar (2022) EFEKTIVITAS PROGRAM BANDAR LAMPUNG MAKMUR DAN BERKEADILAN BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELOMPOK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi Pada BAZNAS Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI IRVANI A MUCHTAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kesejahteraan merupakan impian semua orang untuk memenuhi hasrat ekonomi berupa segala kebutuan baik sandang, pangan dan juga papan. Untuk tercapainya impian tersebut masyarakat melakukan berbagai upaya yang salah satunya yaitu dengan mendirikan UMKM. UMKM berperan sangat penting terhadap peningkatan dan perkembangan perekonomian masyarakat. Melihat potensi UMKM tersebut, BAZNAS Kota Bandar Lampung membuat suatu program zakat produktif dengan memberikan bantuan modal usaha baik berupa dana ataupun barang usaha. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah program Program Bandar Lampung Makmur dan Berkeadilan BAZNAS Kota Bandar Lampung berjalan dengan efektif dan memliki pengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan kelompok UMKM di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Program Bandar Lampung Makmur dan Berkeadilan BAZNAS Kota Bandar Lampung berjalan dengan efektif dan memiliki pengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan kelompok UMKM di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana. Adapun sampel pada penelitian ini berjumlah 44 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Program Bandar Lampung Makmur dan Berkeadilan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan kelompok UMKM di Kota Bandar Lampung. Namun, dalam pelaksanaan Program Bandar Lampung Makmur dan Berkeadilan masih ditemukan beberapa kekurangan dalam proses pelaksanaannya. Kata Kunci: Zakat Produktif, Peningkatan Kesejahteraan UMKM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Dec 2022 06:28
Last Modified: 12 Dec 2022 06:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22043

Actions (login required)

View Item View Item