PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN GAMIFIKASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) KELAS X PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA

ARDE, MAGARETA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN GAMIFIKASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) KELAS X PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI ARDE MAGARETA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTU GAMIFIKASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) KELAS X PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA OLEH ARDE MAGARETA Rendahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi HOTS peserta didik yang dilihat dari hasil pra penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Way Tuba disebapkan karena peserta didik belum memiliki kemapuan dalam mengukur serta mengolah pola berpikirnya. Keterampilan berpikir tingkat tinggi HOTS peserta didik kurang dikembangkan sehingga diperlukan inovasi baru dalam belajar biologi untuk mengembangkan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Model pembelajaran blended learning berbantu gamifikasi merupakan suatu alternatif pembelajaran yang melibatkan peserta didik melalui permainan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning berbantu gamifikasi terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) kelas X pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Way Tuba. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian Pre-tes – Post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X.IPA.1 sebagai kelas Eksperimen dan X.IPA.2 sebagai kelas Kontrol, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa soal Esay untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi HOTS selanjutnya diukur dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t independent. Hasil dari penelitian menunjukan rata-rata post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari pada niali post-test kelas kontrol Hal ini terbukti dari rata-rata nilai Post-test kelas eksperimen yang lebih besar 82,86, sedangkan kelas kontrol 72,91 uji t-independent diperoleh yakni sebesar 10,51 > 1,994 dengan taraf signifikan 5% (0,05) artinya diterima. Nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 <0,05 artinya, terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning berbantu gamifikasi terhadap HOTS peserta didik. Kata kunci : Blended Learning, Gamifikasi, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Dec 2022 04:40
Last Modified: 12 Dec 2022 04:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22042

Actions (login required)

View Item View Item