KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMPN 1 KATIBUNG LAMPUNG SELATAN

REZKI, NOPIAN ILA BAITULLAH (2022) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMPN 1 KATIBUNG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER-BAB II + DAFTAR PUSTAKA.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of TESIS Rezki Nopian Ila Baitullah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Seorang kepala sekolah harus mampu mengelola sumber daya yang ada di sekolah, menjadi pemimpin menjadi pendidik bagi seluruh warga sekolah, seorang kepala sekolah harus mampu melaksanakan tanggungjawab sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada di sekolah tersebut. Selanjutnya, yang tidak kalah penting adalah seorang gurupun harus mampu mengembangkan diri untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan yang diperlukan guna peningkatan profesionalitas dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian diatas adalah Untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah pada profesionalisme guru. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. .Pendekatan ini dianggap lebih relevan karena bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMP Negri 1 Katibung Lampung Selatan Tahun Ajaran 2021. Gaya dan cara pelakasanaan kepemimpinan kepala sekolah merupakan bagian dari budaya sekolah. Pengumpulan data dalam kualitatif dilakukan langsung oleh peneliti melalui observasi, wawancara dan pengkajian dokumentasi. Data yang diperoleh dari responden melalui tehnik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi merupakan deksripsi tentang pendapat, pengetahuan, pengalaman, dan aspek lainnya untuk dianalisis dan disajikan sehingga memiliki makna Hasil Penelitian yang diperoleh: 1). Perilaku kepemimpinan Kepala Sekolah yang mampu mengkoordinasikan, menggerakan, dan menyerasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia di sekolah serta kemampuan menerapakan dalam memotivasi kepada para tenaga kependidikan akan berpengaruh pada kinerja guru dalam melakukan berbagai tugas dan fungsinya. 2). Selain itu, dalam hal mengarahkan guru, kepala sekolah sebagai pemimpin dapat mengarahkan guru untuk melaksanakan tugas-tugas dalam pembelajaran, menghindarkan diri dari perbuatan yang bersifat memkasa pembelajaran, berusaha menggerakan guru agar menilai hasil belajar siswa, bersikap dalam mengambil keputusan, memberi fasilitas yang nyaman dan suasana yang mendukung untuk kenyamanan dalam berkarya. 3). Kepala sekolah mengarahkan dan membimbing para guru dalam mengembangkan kurikulum, mulai dari: perumusan visi, misi, dan tujuan sekolah; pengembangan struktur dan muatan kurikulum; dan pembuatan kalender sekolah.. 4). Bagi kepala sekolah tidak hanya memantau tetapi kepala madrasah juga membantu guru dalam mrencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran, menyusun program tahunan (Prota), program semester (Ptomes),dan silabus. Kata Kunci : Kepemimpinan, Profesionalisme Guru ABSTRACT A school principal must be able to manage existing resources in the school, be a leader, become an educator for all school members, a school principal must be able to carry out responsibilities according to the situation and conditions that exist in the school. Furthermore, what is no less important is that a teacher must be able to develop himself to increase the knowledge and abilities needed to increase professionalism in the teaching and learning process. The purpose of the above research is to determine the principal's leadership on teacher professionalism. The research design in this study is a field research using a qualitative descriptive approach. This approach is considered more relevant because it aims to determine the leadership style of the principal in improving the professionalism of teachers at SMP Negeri 1 Katibung, South Lampung, in the 2021 academic year. The style and way of implementing the principal's leadership is part of the school culture. Data collection in qualitative is carried out directly by researchers through observation, interviews and documentation review. Data obtained from respondents through observation, interviews, and documentation studies are descriptions of opinions, knowledge, experiences, and other aspects to be analyzed and presented so that they have meaning. Research results obtained: 1). The leadership behavior of the principal who is able to coordinate, mobilize, and harmonize all educational resources available in the school as well as the ability to apply it in motivating education staff will affect the performance of teachers in carrying out various tasks and functions. 2). In addition, in terms of directing teachers, the principal as a leader can direct teachers to carry out tasks in learning, avoid actions that are forceful in learning, try to move teachers to assess student learning outcomes, behave in making decisions, provide comfortable facilities. and a supportive atmosphere for comfort in work. 3). The principal directs and guides teachers in developing the curriculum, starting from: formulating the school's vision, mission, and goals; development of curriculum structure and content; and making school calendars.. 4). For school principals, not only monitoring but madrasah principals also assist teachers in planning, implementing, and evaluating learning, preparing annual programs (Prota), semester programs (Ptomes), and syllabus. Keywords: Leadership, Teacher Professionalism

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Dec 2022 04:23
Last Modified: 12 Dec 2022 04:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22040

Actions (login required)

View Item View Item