PENERAPAN MEDIA GAMBAR DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS 2 MIN 2 BANDAR LAMPUNG

Suhartini, Iis (2017) PENERAPAN MEDIA GAMBAR DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS 2 MIN 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mengajarkan menulis permulaan bukanlah hal yang mudah dan memerlukan media dala proses meningkatkan kemampuan menulis. Banyak siswa kelas 2 MIN 2 Bandar Lampung yang kemampuan menulis permulaannya masih rendah. Kebanyakan siswa kelas 2 MIN 2 Bandar Lampung masih kesulitan untuk memahamami materi menulis mermulaan yang disajikan guru secara abstrak. Permasalahan kurangnya keterampilan menulis juga terjadi di MIN 2 Bandar Lampung. Kemampuan menulis permulaan siswa kelas 2 MIN 2 Bandar Lampung masih rendah. Mereka kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran menulis permulaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media gambar dengan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas 2 MIN 2 Bandar Lampung?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan menggunakan media gambar dengan pedekatan keterampilan proses siswa kelas 2 MIN 2 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan kelas), penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart modifikasi yang menggunakan sistem spiral refleksi diri yang dimulai dengan rencana, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan pada hasil observasi dan pengamatan yang telah dilakukan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran menulis permulaan pada siswa kelas 2 MIN 2 Bandar Lampung. Indikator keberhasilan penelitian ditandai dengan peningkatan kemampuan menulis permulaan siswa setelah menggunakan media gambar melalui pendekatan keterampilan proses. Penelitian dikatakan berhasil jika 80% dari jumlah siswa mampu mencapai KKM mata pelajaran bahasa Indonesia yang telah ditetapkan yakni 66. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan penggunaan media gambar dengan pendekatan proses dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas 2 MIN. Hal itu dibuktikan dari hasil tes menulis permulaan siswa pada pra tindakan nilai siswa yang mencapai KKM hanya 9 anak (25%) yang tuntas dengan nilai 58,75. Pasca tindakan siklus I nilai siswa yang mampu mencapai KKM meningkat menjadi 23 anak (62,5%) yang tuntas dengan nilai 66,41 dan pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 35 anak (96,87%) yang tuntas dengan nilai 74,05. Kata Kunci: Media gambar, keterampilan proses, kemampuan menulis permulaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Nov 2017 02:08
Last Modified: 16 Nov 2017 02:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2204

Actions (login required)

View Item View Item