MUHAMMAD, NURUL ARIFIN (2022) PERAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENCAPAI STANDAR PENGELOLAAN DI MTs AN-NUR TERUSAN NUNYAI LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Kepala sekolah memiliki peranan yang kuat dalam mengkoordinasikan, menggerakkan dan menyerasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia disekolah. Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolahnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran manajerial kepala madrasah dalam mencapai standar pengelolaan di MTs AN-NUR Terusan Nunyai Lampung Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (literature study). Hasil dari penelitian ini adalah terdapat empat langkah yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai manajer dalam rangka mencapai standar pengelolaan, yakni, (1) kepala sekolah melakukan perencanaan, (2) kepala sekolah melakukan pengorganisasian, (3) kepala sekolah melakukan pengawasan dan (3) kepala sekolah melakukan pengendalian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observa si dan dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru dan staff MTs AN-NUR Terusan Nunyai Lampung Tengah. Data sekunder berupa data teoritis dan dokumentasi dan data pendukung lainnya yang diperoleh dari dokumen madrasah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi, yaitu berupaya untuk mengecek kebenaran data dan membandingkan dengan data yang diperoleh dari sumber lain, pada berbagai fase penelitian lapangan, pada waktu yang berlainan dan dengan metode yang berlainan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala dalam kepemimpinannya kepala madrasah di kategorikan cukup baik, dan sangat populer sebagai symbol perwakilan madrasah dalam menghadiri acara-acara ceremonial. Dalam membuat perencanaan kepala madrasah dikategorikan belum maksimal, sehingga dalam pengembangan perencanaan masih berupa konseptual dan belum iii variatif. Pelaksanaan pengorganisasian dalam ketagori cukup, kepala madrasah dalam penyusunan tugas dan wewenang dan tanggung jawab sesuai dengan kompetensi guru yang bersangkutan, tapi perlu pendayagunaan guru secara merata. Pengarahan tenaga pendidik sudah cukup baik. Yang perlu ditingkatkan adalah komunikasi yang baik terhadap guru agar bisa membedakan antara instruksi dan tugas. Dan guru menganggap pengarahan adalah intruksi kepala madrasah. Dalam pengawasan kepala madrasah melaksanakan tugas dengan baik. Penyusunan kurikulum juga sudah cukup, pembinaan dan pengembangan perlu ditingkatkan karena inti dari kurikulum adalah bagaimana guru mampu mengaplikasikan dengan baik kepada siswa. Kata Kunci: Peran Manajerial, Kepala Madrasah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 04:00 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 04:00 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22038 |
Actions (login required)
View Item |