IMPLEMENTASI MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DI MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

LUTFI, NURHAYATI (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DI MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI  LUTFI NURHAYATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Madrasah diharuskan memiliki sistem manajemen yang baik guna mendapatkan seorang tenaga pendidik yang memiliki sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi manajemen tenaga pendidik di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung yang berfokus pada proses rekrutmen, seleksi, pengembangan, wujud kompensasi, dan evaluasi terhadap tenaga pendidik di Mts. Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan kualitatif naturalistic. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan kepala tata usaha. Objek penelitian ini adalah Implementasi manajemen tenaga pendidik di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Data peneltian diambil dari dua sumber data yaitu data sekunder dan data primer, menggunakan metode pengupulan data sebagai berikut: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa analisis kualitatif, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun Pemeriksaan keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan rekrutmen tenaga pendidik diawali dengan meninjau kebutuhan tenaga pendidik, pembentukan panitia, pelaksanaan rekrutmen, dan pengawasan. Pelaksanaan seleksi tenaga pendidik diawali dengan menyiapkan program seleksi yang efektif, membentuk panitia dan model seleksi, pelaksanaan seleksi, dan pengawasan. Proses pengembangan tenaga pendidik meliputi pengembangan tenaga pendidik melalui rapat bulanan yang dikoordinasi oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah, pengembangan tenaga didik meliputi pengembangan kurikulum dan beberapa kegiatan yang meningkatkan keahlian dan kecakapan tenaga pendidik, dan pengawasan pelaksanaan pengembangan tenaga didik. Kompensasi tenaga pendidik diberikan dalam bentuk gaji atau upah dan konpensasi insentif sebagai reward bagi tenaga pendidik yang bekerja dengan baik. Pelaksanaan evaluasi tenaga pendidik meliputi perencanaan pembelajaran yang sistematis, pelaksanaan evaluasi tenaga pendidik yang dikoordinasi oleh kepala sekolah, dan pengawasan kegiatan evaluasi. Kata Kunci : Manajemen, Tenaga Pendidik. iii ABSTRAK Schools are required to have a good management system in order to get an educator who has superior and quality human resources. This study aims to determine the implementation of the management of educators at MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung which focuses on the process of recruitment, selection, coaching, compensation, and evaluation of educators at Mts. Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. This research is a naturalistic qualitative. The research data were taken from two sources of data, namely secondary data and primary data, using the following data collection methods: interviews, observations, and documentation. The data analysis technique is in the form of qualitative analysis, including data reduction, data presentation, and verification or drawing conclusions. The results of this study indicate that the implementation of the recruitment of educators begins with reviewing the needs of educators, forming committees, implementing recruitment, and monitoring. The implementation of the selection of educators begins with preparing an effective selection program, forming a committee and selection model, implementing selection, and monitoring. The process of developing educators includes developing educators through monthly meetings coordinated by school principals and school supervisors, developing students including curriculum development and several activities that improve the skills and abilities of educators, and supervising the implementation of student development. Compensation for educators is given in the form of salaries or wages and incentive compensation as a reward for educators who work well. The evaluation of educators includes systematic learning planning, evaluation of educators coordinated by school principals, and supervision of evaluation activities. Keywords: Management, Educators

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Dec 2022 03:45
Last Modified: 12 Dec 2022 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22034

Actions (login required)

View Item View Item