FAKTOR FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK KELAS V DI SDN 02 PULAU BERINGIN KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN

MELIZA, GITA CAHYANI (2022) FAKTOR FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK KELAS V DI SDN 02 PULAU BERINGIN KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL MELIZA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Di SDN 02 Pulau Beringin terdapat banyak sekali hal hal yang menjadi penghambat suatu proses pembelajaran terutama di masa pandemi covid-19. masalah dalam proses pembelajaran mulai dari alat komunikasi, dan media pembelajaran yang digunakan untuk melaksanakan proses belajar mengajar. Menurut handarini dan wulandari mengungkapkan bahwa, sarana dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 yaitu smartphone, laptop, atau tablet yang dapat digunakan untuk mengakses proses pembelajaran secara luas dimanapun dan kapanpun. Sedangkan prasarana yaitu keberadaanya tidak digunakan untuk proses belajar mengajar, namun keberadaannya secara langsung sangat menunjang pelaksanaan pembelajaran daring yaitu rumah masing-masing peserta didik, karena pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan dirumah.menurut teori diatas jika dikaitkan dengan permasalahn yang ada di SDN 02 Pulau Beringin yaitu kurangnya sarana untuk menunjang proses pembelajaran daring selama masa pandemi. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif yang memperoleh data dengan wawancara langsung kepada pendidik mata pelajaran pendidikan agama islam, kepala sekolah dan peserta didik kelas 5 (lima) di SDN 02 Pulau Beringin. Dengan tujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat pembelajaran selama masa pandemi covid-19 dan solusi yang diberikan sekolah untuk menunjang proses pembelajaran di masa pandemi. Kemudian hasil wawancara didukung dengan observasi yang dilaksanakan oleh penulis dan dokumentasi yang di deskripsikan secara gamblang dan jelas. Selama masa pandemi covid-19 sarana yang digunakan siswa kelas 5 (lima) saat pembelajaran yaitu menggunakan whatsaap dengan membentuk wa grup yang dibuat oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas 5 (lima). Dan dari pihak sekolah hanya memberikan buku cetak untuk dibawa pulang untuk belajar dirumah. Kemudian hasil dari penelitian yang dilakukan di SDN 02 Pulau Beringin Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan bahwa Faktor Penghambat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Selama Masa Pandemi di SDN 02 Pulau Beringin yaitu , Kurangnya alat komunikasi seperti handphone, Jaringan internet yang kurang memadai, Tidak bisa membeli kuota internet, Kesulitan menjelaskan materi untuk pendidik, Kesulitan memahami materi untuk peserta didik, Banyaknya penugasan secara bersamaan sehingga membuat siswa tidak semangat dalam mengerjakan, kemudian Pembelajaran yang kurang kreatif sehingga siswa tidak semangat untuk belajar jadi lebih banyak bermalas-malasan. Selain itu terdapat solusi yang dilakukan sekolah untuk melaksanakan pembelajaran yaitu, Siswa disuruh bergabung dengan teman yang memiliki hp untuk mengetahui apakah ada tugas yang diberikan oleh guru, Pemberian tugas secara offline dikelas, Pemberian buku cetak untuk belajar dirumah, Pemberian materi dalam grup kelas oleh guru Pendidikan Agama Islam,dan Pembelajaran tatap muka terbatas dikelas. Kata Kunci: Faktor Penghambat, Pembelajaran PAI, Covid-19 iv ABSTRACT At SDN 02 Pulau Beringin there are many things that hinder the learning process, especially during the Covid-19 pandemic. problems in the learning process ranging from communication tools, and learning media used to carry out the teaching and learning process. According to Handarini and Wulandari, the tools for online learning during the Covid-19 pandemic are smartphones, laptops or tablets that can be used to access the learning process widely anywhere and anytime. Meanwhile, infrastructure, namely its existence, is not used for the teaching and learning process, but its existence directly supports the implementation of online learning, namely the homes of each student, because the implementation of online learning is carried out at home. lack of facilities to support the online learning process during the pandemic. This type of research is descriptive qualitative research which obtains data by direct interviews with educators of Islamic religious education subjects, school principals and 5th grade students at SDN 02 Pulau Beringin. With the aim of knowing what factors are inhibiting learning during the COVID-19 pandemic and the solutions provided by schools to support the learning process during the pandemic. Then the results of the interview are supported by observations carried out by the author and documentation that is described clearly and clearly. During the COVID-19 pandemic, the facilities used by grade 5 (five) students during learning were using WhatsApp by forming a wa group created by a class 5 (five) teacher of Islamic Religious Education. And the school only provides printed books to take home to study at home. Then the results from research conducted at SDN 02 Pulau Beringin, Ogan Komering Ulu Selatan Regency, that the Inhibiting Factors for Learning Islamic Religious Education During the Pandemic Period at SDN 02 Pulau Beringin, namely, Lack of communication tools such as cellphones, Inadequate internet network, Unable to buy internet quota , Difficulty explaining material for educators, Difficulty understanding material for students, Number of assignments simultaneously so that students are not enthusiastic in working, then Less creative learning so students are not enthusiastic to learn so they are lazy. In addition, there are solutions that schools do to carry out learning, namely, students are asked to join friends who have cellphones to find out if there are assignments given by the teacher, giving assignments offline in class, giving printed books to study at home, giving material in class groups by the teacher. Islamic religious education, and face-to-face learning are limited in class. Keywords: Inhibiting Factors, PAI Learning, Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Dec 2022 03:38
Last Modified: 12 Dec 2022 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22033

Actions (login required)

View Item View Item