HUBUNGAN KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PEBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 1 WAY JEPARA

Mukhammad, Shiddiq (2022) HUBUNGAN KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PEBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 1 WAY JEPARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUKHAMMAD SHIDDIQ.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi awal yang telah penulis lakukan, terlihat bahwa tingkat kepribadian guru bisa dikatakan cukup tinggi. Salah satu indikasi kompetensi kepribadian guru yang penulis amati yaitu guru selalu datang disiplin, guru diwajibkan tiba di sekolah jam 06.45 WIB untuk berjabat tangan kepada para siswa sesuai jadwal yang telah di sepakati, Guru juga dilarang merokok di dalam lingkunga sekolah. Di samping itu guru juga tegas dalam mendisiplinkan siswa, mampu menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif, serta mampu memberikan teladan atau panutan bagi siswanya. Dengan kepribadian yang tinggi mampu melahirkan pembentukan karakter siswa atau akhlaq yang baik pada diri siswa. Namun penulis selama di lokasi masih menjumpai tak sedikit dari siswa yang melakukan berbagai bentuk penyimpangan, seperti masih banyak siswa menyontek ketika mengerjakan pekerjaan rumah atau ketika sedang ulangan, mengucapkan perkataan kotor, datang terlambat saat jam pelajaran berlangsung, tidak mengakui bila melakukan kesalahan dengan orang lain. Hal ini membuktikan bahwa siswa belum memilki karakter atau akhlak yang baik di dalam dirinya. Melalui upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mendidik dan mengajarkan siswa dengan menggunakan metode-metode pembelajaran yang diharapkan dapat menumbuh dan membentuk karakter atau akhlak siswa, sehingga dalam kehidupannya baik di rumah, di sekolah, maupun di masyarakat nantinya para siswa dapat memilki kesadaran akan pentingnya memilki akhlak atau sikap yang baik. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap karakter siswa. Penelitian ini ialah penelitian kuantitaif dengan metode asosiatif. Sampel dalam peneilitian ini adalah sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket dan dokumentasi. iii Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepribadian guru PAI mempunyai pengaruh dengan pembentukan karakter siswa. Hasil tersebut dilihat dari hasil uji linieritas menunjukan bahwa nilai sig. deviation from linearity 0,490 >0,05 maka terdapat hubungan antara kepribadian guru dengan karakter siswa dan di perkuat dengan uji pengaruh dalam model summary dapat menjelaskan besarnya nilai korelasi atau hubungan (R) yaitu sebesar 0,602 dari output tersebut di peroleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,363 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (Kepribadian Guru PAI) terhadap variabel terikat (Karakter Siswa) adalah sebesar 36,3% Kata kunci: Kepribadian Guru, Karakter siswa iv ABSTRACT Based on the results of the initial observations that the authors have made, it appears that the teacher's personality level can be said to be quite high. One of the indications of the teacher's personality competence that the authors observe is that teachers always come disciplined, teachers are required to arrive at school at 06.45 WIB to shake hands with students according to the agreed schedule, teachers are also prohibited from smoking within the school environment. In addition, the teacher is also firm in disciplining students, able to create a conducive learning climate, and able to set an example or role model for their students. With a high personality can give birth to the formation of student character or good morals in students. However, while at the location, the writer still encounters not a few students who commit various forms of irregularities, such as there are still many students who cheat when doing homework or during tests, say dirty words, arrive late during class hours, do not admit when they make mistakes with other people. . This proves that students do not yet have good character or morals in them. Through the efforts made by Islamic Religious Education teachers in educating and teaching students using learning methods that are expected to grow and shape the character or morals of students, so that in their lives both at home, at school, and in society later students can have an awareness of the importance of having good morals or attitudes. The purpose of this study was to determine whether there was an effect of the personality competence of PAI teachers on student character. This research is a quantitative research with associative method. The sample in this research is 30 students. Data was collected using questionnaires and documentation techniques. The data from this study were analyzed using a simple linear regression formula. v The results of this study indicate that the personality of the PAI teacher has an influence on the formation of student character. These results are seen from the results of the linearity test showing that the sig. deviation from linearity 0.490 > 0.05, then there is a relationship between the personality of the teacher and the character of the students and it is strengthened by the influence test in the summary model which can explain the magnitude of the correlation or relationship (R) value which is equal to 0.602 from the output the coefficient of determination (R Square) is obtained of 0.363 which implies that the effect of the independent variable (PAI Teacher Personality) on the dependent variable (Student Character) is 36.3% Keywords: Teacher personality, student character

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Dec 2022 03:31
Last Modified: 12 Dec 2022 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22031

Actions (login required)

View Item View Item