PELATIHAN HIPNOTERAPI DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI REMAJA DI RUMAH TERAPI DAN BELAJAR AULIA RAHMAN BANDAR LAMPUNG

Ismail, Samiran (2022) PELATIHAN HIPNOTERAPI DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI REMAJA DI RUMAH TERAPI DAN BELAJAR AULIA RAHMAN BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ISMAIL .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Remaja merupakan masa perkembangan manusia di usia 12-20 tahun, pada masa ini remaja sedang dalam proses pertumbuhan dan perkembangan baik secara fisik maupun psikologis. Dalam hal ini remaja tak jarang pula sering mengalami hambatan pada psikologisnya yaitu seperti kurangnya rasa percaya diri. pada remaja yang di sebabkan pengalaman buruk, lingkungan yang kurang mendukung dan lain sebagainya sehingga membuat remaja tidak percaya diri. Seperti remaja peserta pelatihan hipnoterapi Rumah Terapi Dan Belajar Aulia Rahman Bandar Lampung, maka dari itu perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kepercayaan diri pada peserta pelatihan melalui pelatihan hipnoterapi. Adapu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pelatihan hipnoterapi dalam meningkatkan kepercayaan diri remaja. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. yaitu yang menggambarkan secara lengkap data yang diperoleh dari wawancara, dokumentasi dan observasi. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu 3 remaja peserta pelatihan, dan 1 orang terapis sekaligus ketua Rumah Terapi Dan Belajar Aulia Rahman. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teori Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pelatihan hipnoterapi yang dilakukan oleh terapis Rumah Terapi dan Belajar Aulia Rahman telah dilakukan dengan tahapan tahapan pelatihan hipnoterapi yaitu: 1) Pre Induction, yaitu percakapan ringan perkenalan, penggalian informasi permasalahan klien dan edukasi hipnoterapi utuk menumbuhkan kepercayan klien kepada terapis. 2). Induction,yaitu memberikan sugesti agar klien menjadi sangat rileks. 3). Deepening, yaitu membimbing klien untuk berimajinasi sedang berada di suatu tempat yang mudah dirasakan oleh klien, seperti gunung, pantai, atau tempat yang dapat membuat klien menjadi nyaman dan rileks. 4). Depth Level Test, yaitu teknik untuk memeriksa kedalaman sugesti klien. 5). Suggestion Therapy, yaitu proses memberikan sugesti dan dorongan positif kepada klien sesuai yang diharapkan oleh klien. 6). Termination, yaiitu merupakan proses pengahiran dari sesi hipnoterapi. Kesimpulan dari penelitianini adalah pelaksanaan pelatihan hipnoterapi untuk meningkatkan kepercayaan diri remaja telah menunjukan perubahan dan memberikan pengaruh positif. Kata kunci: Pelatihan Hipnoterapi, Remaja, Kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Dec 2022 04:19
Last Modified: 09 Dec 2022 04:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22019

Actions (login required)

View Item View Item