STRATEGI GURU PAI DALAM MENGAKTUALISASIKAN KECERDASAN SOSIAL PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI DI MA AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

Agnila, Farasi (2022) STRATEGI GURU PAI DALAM MENGAKTUALISASIKAN KECERDASAN SOSIAL PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI DI MA AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Agnila Farasi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan ketika pembelajaran daring berlangsung guru tidak bisa mengawasi secara langsung peserta didik bahkan terkadang kondisi peserta didik yang tidak mampu untuk membeli kuota internet pada awal-awal terjadinya pandemi pembelajaran daring dilakukan mengakibatkan kendala bagi peserta didik dan guru. Pemerintah belum memfasilitasi kuota internet. Oleh sebab itu banyak sekali peserta didik yang tertinggal pelajaran dikarenakan kendala dari beberapa peserta didik yang belum memiliki hp disebabkan keterbatasan ekonomi yang dialami selama pandemi lalu kuota internet yang tidak mampu dibeli karena keterbatasan ekonomi dan juga signal yang sering menghilang menjadi kendala utama selama proses pembelajaran berlangsung. Dan mengakibatkan kecerdasan sosial sedikit menurun pada saat pembelajaran berlangsung secara daring kurang efektif dikarenakan banyaknya kendala yang dihadapi peserta didik sehingga mengakibatkan kecerdasan sosial peserta didik sedikit menurunan menyebabkan interaksi sosial dan komunikasi sangat tidak efektif menyebabkan peserta didik kurangnya sikap toleransi dan kurangnya bersosialisasi dengan teman dan guru. Kurangnya kolaborasi pembelajaran yang baik antara guru dengan peserta didik sehingga kecerdasan sosial peserta didik sedikit menurun terbatasi adanya belajar dirumah Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru PAI dalam mengaktualisasikan kecerdasan sosial peserta didik pada masa pandemi di MA AL-Hikmah Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan yaitu berjenis kualitatif lapangan field research karena sifatnya data yang dikumpulkan berupa data narasi dan tidak menggunakan alat ukur data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data penyajian data dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwasannya strategi guru PAI dalam mengaktualisasikan kecerdasan sosial peserta didik pada masa pandemi di MA AL-Hikmah Bandar Lampung dengan judul penelitian Pemilihan strategi yang tepat yaitu menggunakan dua strategi yang pertama strategi pembelajaran koperatif yaitu pembelajaran yang mengarahkan peserta didik untuk bekerja sama dalam berkelompok dan yang kedua strategi pembelajaran efektif yaitu pembelajaran yang menekankan pada pembentukan sikap positif pada diri peserta didik. Dalam pelaksanaan kedua strategi tersebut menggunakan empat aspek yang pertama metode pembelajaran, kedua media pembelajaran, ketiga materi pembelajaran dan keempat evaluasi pembelajaran.” Kata kunci : Strategi Guru, kecerdasan Sosial, Masa Pandemi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Dec 2022 07:11
Last Modified: 08 Dec 2022 07:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22012

Actions (login required)

View Item View Item