PENGARUH ETIKA KERJA ISLAM DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN BUDAYA ORGANISASI ISLAM SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Kalianda)

Fina, Melyana (2022) PENGARUH ETIKA KERJA ISLAM DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN BUDAYA ORGANISASI ISLAM SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Kalianda). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I  II  V _ Perpus Pusat.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FINA MELYANA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Setiap organisasi atau lembaga yang berbentuk pemerintahan maupun swasta, pastinya memiliki tujuan yang akan dicapai baik itu jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan perencanaan dan pengelolaan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu usaha yang dapat mempengaruhi kualitas kinerja pegawai diantaranya yaitu menerapkan etos kerja Islami. Etos kerja Islami, dirumuskan berdasarkan konsep iman sebagai landasan utama. Faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja pegawai adalah gaya kepemimpinan. Selain kepemimpinan, faktor lain yang dianggap dapat mempengaruhi kinerja karyawan adalah budaya organisasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana etika kerja islam dan kepemimpinan transformasional berpengaruh terhadap budaya organisasi islam di bank syariah Indonesia KCP Kalianda? 2) Bagaimana pengaruh etika kerja islam terhadap kinerja karyawan dengan budaya organisasi islam sebagai variabel moderasi di bank syariah Indonesia KCP Kalianda? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebesar 30 orang. Sampel dalam penelitian ini sebesar 30. Kemudian pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 20 For Windows. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di dapatkan hasil bahwa etika kerja islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Bank Syariah Indonesia KCP Kalianda. Hal ini dikarenakan terbukti bahwa semakin tinggi etika kerja islam yang dimiliki seorang karyawan dalam bekerja maka akan semakin baik kinerja karyawan dalam melakukan pekerjaanya. Hasil uji moderasi budaya organisasi islam pada hubungan etika kerja islam terhadap kinerja karyawan menghasilkan nilai negatif dan signifikan, hal ini menunjukan bahwa memperlemah hubungan etika kerja islam terhadap kinerja karyawan. Kata Kunci : Etika Kerja Islam, Kepemimpinan Transformasional, Kinerja Karyawan, Budaya Organisasi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Dec 2022 03:17
Last Modified: 08 Dec 2022 03:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22000

Actions (login required)

View Item View Item