PENGEMBANGAN MODUL AQIDAH AKHLAK BERBASIS KURIKULUM 2013 KELAS VII PADA MATERI MEMAHAMI ASMAUL HUSNA DI MTs ISMARIA AL-QUR’ANIYYAH BANDAR LAMPUNG

Ekasafitri, E (2017) PENGEMBANGAN MODUL AQIDAH AKHLAK BERBASIS KURIKULUM 2013 KELAS VII PADA MATERI MEMAHAMI ASMAUL HUSNA DI MTs ISMARIA AL-QUR’ANIYYAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
PDF
Download (69MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL AQIDAH AKHLAK BERBASIS KURIKULUM 2013 KELAS VII PADA MATERI MEMAHAMI ASMAUL HUSNA DI MTs ISMARIA AL-QUR’ANIYYAH BANDAR LAMPUNG Oleh EKASAFITRI Pada pembelajaran memahami asmaul husna, pendidik menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Ada beberapa Peserta didik mengalami kesulitan dalam hal menghafal, karna setiap anak berbeda- beda ada yang lulusan dari MI dan SD. dan dalam Penggunaan buku paket masih kurang, gejala tidak efisiensi, dan tidak efektif dalam proses pembelajaran. MTs Ismaria Al- Qur’anniyyah Bandar Lampung sudah adanya modul Aqidah Akhlak berbasis KTSP. Tetapi modul Aqidah Akhlak yang sudah ada masih ada beberapa kekurangan yaitu, bagian isi modul kurang menarik tidak adanya gambar atau ilustrasi, bentuk dan ukuran huruf kurang serasi, tidak adanya glosarium, tugas dan latihan tidak dibuat sedemikian rupa sehingga kurang menarik. Rumusan masalah yaitu Bagaimanakah mengembangkan Modul Akidah akhlak yang dikembangkan dengan memberikan indikator berbasis Kurikulum 2013 kelas VII pada materi Memahami Asmaul Husna di MTs Ismaria Al- Qur’aniyyah Bandar Lampung dan Apakah Pengembangan modul Aqidah Akhlak berbasis Kurikulum 2013 pada materi Memahami Asmaul Husna layak digunakan dalam pembelajaran peserta didik kelas VII di MTs Ismaria Al- Qur’aniyyah Bandar Lampung. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan modul aqidah akhlak dengan berbasis kurikulum 2013 pada materi memahami asamul husna. Pengembangan dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan langkah-langkah penelitian yang dilakukan meliputi: potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Ismaria Al-Qur’aniyyah Bandar Lampung. Instrument pengumpulan data dikumpulkan dengan menggunakan angket, wawancara, observasi, lembar validasi diberikan kepada dosen dan guru ahli materi Aqidah Akhlak, ahli media, dan selain itu digunakan angket respon peserta didik. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi Aqidah Akhlak sangat layak dengan persentase perolehan skor 89,5 %, ahli media dikategorikan sangat layak dengan persentase perolehan skor 84,5 %. Dan dapat diujicobakan kepada peserta didik dengan memperbaiki produk sesuai saran yang diberikan. Hasil uji coba produk pada peserta didik dengan persentase perolehan skor 90 %, setelah menggunakan modul aqidah akhlak berbasis kurikulum 2013 layak digunakan untuk mengajarkan materi memahami asmaul husna di MTs Ismaria Al-Qur’aniyyah Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 17 Nov 2017 03:27
Last Modified: 17 Nov 2017 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2200

Actions (login required)

View Item View Item