PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE CREATIVITY (CC) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK

NOVA, NURIA AZAHRA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE CREATIVITY (CC) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL NOVA NURIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir reflektif matematis dan keterampilan kolaborasi merupakan kemampuan yang penting dimiliki dan dikuasai oleh setiap peserta didik agar mempermudah kegiatan belajar mengajar. Berpikir reflektif matematis merupakan suatu kemampuan dimana peserta didik menggunakan daya serap terhadap ilmu pengetahuan yang telah dimiliki untuk menghubungkan dengan pengalaman pribadi, memberikan informasi penting, serta mampu memberikan kesimpulan terhadap penyelesaian soal. Sedangkan keterampilan kolaborasi merupakan keterampilan yang menekankan peserta didik untuk bersinergi dalam berbagi tanggung jawab, akuntabilitas, serta berperan dalam mencapai pemahaman bersama mengenai permasalahan juga solusinya. Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan berpikir reflektif matematis di SMP Negeri 6 Tulang Bawang Barat berdasarkan hasil pra penelitian. Peneliti tertarik untuk menerapkan model Collaborative Creativity terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis dan keterampilan kolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis dan keterampilan kolaborasi peserta didik (2) pengaruh model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik (3) pengaruh model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Experiment. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling, kelas VII A sebagai kelas kontrol dan VII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes, angket, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Multivariate Analysis Of Varians (Manova). Berdasarkan penelitian dan hitung uji manova diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Collaborative Creativity terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis dan keterampilan kolaborasi peserta didik Kata Kunci : Collaborative Creativity, Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis, dan Keterampilan Kolaborasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Dec 2022 06:59
Last Modified: 07 Dec 2022 08:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21989

Actions (login required)

View Item View Item