PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING BERBANTU ARGUMENT MAPPING TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DITINJAU DARI SELF EFFICACY MATA PELAJARAN BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X TINGKAT SMA

FAIQOTUR, ROHMAH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING BERBANTU ARGUMENT MAPPING TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DITINJAU DARI SELF EFFICACY MATA PELAJARAN BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X TINGKAT SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I _II_V_compressed.pdf] PDF
Download (321kB)
[thumbnail of SKRIPSI FAIQOTUR ROHMAH_Full_compressed.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih Rendahnya Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan self efficacy peserta didik berdasarkan hasil pra-penelitian. Hal tersebut disebabkan oleh dalam kegiatan pembelajaran Biologi peserta didik mendengarkan dan mengerjakan tugas yang diberikan tanpa adanya keterampilan berpikir yang lebih tinggi, dan menyebabkan kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran. Motode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan Posttest only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X IPA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung dengan menggunakan teknik pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling, dengan 2 sampel kelas yaitu kelas X IPA 1 (kelas eksperimen) menerapkan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dan X IPA 5 (kelas kontrol) yang menerapkan model pembelajaran Discovery learning. Uji hipotesis yang dipakai dalam penelitian ini yaitu uji ANOVA (Analysis Of Varians) dua jalan sel tak sama, dengan taraf signifikan 5%. Taraf signifikan <0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga diterima, 0,025 < 0,05 sehingga diterima dan 0,436 > 0,05 sehingga diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) berbantu argument mapping terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik, (2) Terdapat pengaruh self efficacy tinggi, sedang, dan rendah terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik, (3) Tidak terdapat interaksi antara model Brain Based Learning (BBL) berbantu argument mapping dengan self efficacy terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik. Kata kunci : Brain Based Learning, Higher Order Thinking Skills, Argument Mapping, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Dec 2022 06:28
Last Modified: 08 Dec 2022 06:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21985

Actions (login required)

View Item View Item