PENGEMBANGAN MEDIA ISLAMIC MATH E-COMIC BERBANTUAN CANVA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

ROHMAH, ROMADHONA FAHMI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA ISLAMIC MATH E-COMIC BERBANTUAN CANVA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1-2+DAPUS.pdf] PDF
Download (15MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian pengembangan ini guna terciptanya sebuah inovasi media pembelajaran matematika yang berbasis e-comic menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR), yang valid, menarik, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi alhi media, ahli materi, ahli agama, analisis respon peserta didik (uji kemenarikan) dan uji Effect Size. Subjek penelitian ini adalah kelas kelas VIII 2 dan kelas VIII 3 MTs Negeri 2 Lampung Utara. Hasil validasi media memperoleh rata-rata skor kelayakan ahli media yaitu 3,72 dengan kriteria "valid", rata-rata skor kelayakan ahli materi yaitu 3,82 dengan kriteria "valid", dan rata-rata skor kelayakan ahli agama yaitu 3,63 dengan kriteria "valid". Uji kemenarikan pada skala kecil memperoleh skor 3,52 dengan kriteria "sangat menarik", dan pada skala besar memperoleh skor 3,54 dengan kriteria "sangat menarik". Kemudian penilaian keefektivitasan produk menggunakan uji Effect Size memperoleh skor 0,63 dengan kategori sedang dan dapat dikatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci : e-comic, Pendekatan Matematika Realistik (PMR), Kemampuan Komunikasi Matematis iii ABSTRACT This type of research is research and development research and development (R&D), with the ADDIE development model. This development research is to create an e-comic-based mathematics learning media innovation using a Realistic Mathematics Approach (PMR), which is valid, interesting, and effective to improve students' mathematical communication skills. The data analysis techniques used were media expert validation analysis, material experts, religious experts, student response analysis (attractiveness test) and effect size test. The subjects of this study were class VIII 2 and class VIII 3 MTs Negeri 2 North Lampung. The results of media validation obtained an average eligibility score for media experts, which was 3.72 with "valid" criteria, the average eligibility score for material experts was 3.82 with "valid" criteria, and the average score for religious experts was 3.63. with "valid" criteria. The attractiveness test on a small scale obtained a score of 3.52 with the criteria of "very interesting", and on a large scale it obtained a score of 3.54 with the criteria of "very interesting". Then the assessment of the effectiveness of the product using the effect size test obtained a score of 0.63 in the medium category and can be said to be effectively used as a learning medium. Keywords: e-comic, Realistic Mathematics Approach (PMR), Mathematical Communication Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:16
Last Modified: 07 Dec 2022 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21980

Actions (login required)

View Item View Item