PENERAPAN KONSELING REALITAS TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Miftahul, Janah (2022) PENERAPAN KONSELING REALITAS TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Miftahul Janah_1811080441.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mendeskripsikan tentang penerapan layanan konseling realitas terhadap kepercayan diri peserta didik. Permasalahan pada penelitian ini terkait dengan rendahnya kepercayaan diri peserta didik sehingga dalam proses pembelajaran terdapat peserta didik yang merasa malu untuk bertanya, tidak berani mengungkapkan pendapat dan gugup saat berbicara didepan kelas. Hal tersebut dapat terjadi karena faktor internal atau eksternal yang dapat mempengaruhi tingkat kepecayaan diri peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan konseling realitas, dan faktor�faktor penyebab kurangnya kepercayaan diri serta bagaimana perubahan yang dirasakan oleh peserta didik setelah di berikan konseling realitas di SMK Negeri 1 Kotabumi Lampung Utara. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Kotabumi Lampung utara. Dalam menentukan subjek dalam penelitian ini menggunakan Teknik Purposive Sampling dengan hasil subjek penelitian adalah 3 (tiga) peserta didik dengan inisial MA, AY dan SPN. Hasil Penelitian yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kotabumi mengenai pelaksanaan konseling realitas. Dalam hal ini penulis melihat pelaksanaan konseling realitas menggunakan struktur WDEP. Faktor - faktor yang menjadi penyebab rendahnya kepercayaan diri ketiga peserta didik yang memiliki masalah kepercayaan diri adalah faktor internal yaitu berasal dari dalam diri peserta didik. Hal tersebut berdasarkan hasil konseling peneliti bersama dengan 3 (tiga) peserta didik sekaligus hasil wawancara dengan guru BK. Perubahan yang dirasakan oleh peserta didik setelah diberikan konseling realitas membawa perubahan kearah yang lebih positif bagi peserta didik. Peserta didik merasa senang, lega serta terbantu karena setelah melaksanakan konseling realitas peserta didik merasa percaya diri dengan kemampuan yang dimilki, sudah berani dalam mengungkapkan pendapatnya didepan kelas, lebih aktif pada proses pembelajaran dikelas serta berani bertanya saat diberikan kesempatan oleh guru. dan Masing – masing peserta didik mampu melaksanakan rencana – rencana yang sudah disepakati bersama peneliti. Hal tersebut dibuktikan dengan perubahan perilaku peserta didik setelah dilaksanakannya pelaksanaan konseling dengan teknik realitas. Kata kunci : Konseling Realitas, Kepercayaan Diri iii ABSTRACT This study describes the application of reality counseling services to students' self-confidence. The problem in this study is related to the low self-confidence of students so that in the learning process there are students who feel embarrassed to ask questions, do not dare to express opinions and are nervous when speaking in front of the class. This can happen because of internal or external factors that can affect the level of self-confidence of students. The purpose of this study was to analyze the implementation of reality counseling, and the factors that cause a lack of self-confidence and how changes are felt by students after being given reality counseling at SMK Negeri 1 Kotabumi, North Lampung. This research is included in the type of qualitative research with a case study research design. Data collection procedures using the method of observation, interviews, and documentation. The participants of this study were students of class XI at SMK Negeri 1 Kotabumi, North Lampung. In determining the subjects in this study using the purposive sampling technique with the results of the research subjects were 3 (three) students with the initials MA, AY and SPN. The results of the research conducted at SMK Negeri 1 Kotabumi regarding the implementation of reality counseling. In this case the author sees the implementation of reality counseling using the WDEP structure. The factors that cause the low self-confidence of the three students who have self-confidence problems are internal factors that come from within the students. This is based on the results of the researcher's counseling with 3 (three) students as well as the results of interviews with the counseling teacher. The changes felt by students after being given reality counseling bring changes in a more positive direction for students. Students feel happy, relieved and helped because after carrying out reality counseling students feel confident in their abilities, have the courage to express their opinions in front of the class, are more active in the learning process in class and dare to ask questions when given the opportunity by the teacher. and Each student is able to carry out plans that have been agreed with the researcher. This is evidenced by changes in the behavior of students after the implementation of counseling with reality techniques Keywords: Reality Counseling, Confidence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Dec 2022 03:37
Last Modified: 07 Dec 2022 03:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21976

Actions (login required)

View Item View Item