PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 01 BLAMBANGAN UMPU WAY KANAN

HANI, ISTIKOMAH (2022) PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 01 BLAMBANGAN UMPU WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL HANI ISTIKOMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 01 BLAMBANGAN UMPU WAY KANAN ABSTRAK Oleh: Hani Istikomah Berdasarkan pra survei di SMA Negeri 1 Blambangan Umpu guru Pendidikan Agama Islam memiliki kompetensi profesional atau kemampuan dalam penguasaan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan baik. Namun peneliti ingin meneliti lebih dalam lagi profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Blambangan. Sehingga rumusan masalah ―1) Bagaimana Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Blambangan Umpu Way Kanan? 2) Apa saja upaya Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Blambangan Umpu Way Kanan dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam? 3) Apa saja faktor yang menjadi pendukung atau penghambat profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam?‖ Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Blambangan Umpu! 2) Mengetahui upaya Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Blambangan Umpu untuk meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam! 3) Mengetahui faktor yang menjadi pendukung dan penghambat profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Blambangan Umpu!. Pendekatan penelitian adalah menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun subjek yang dijadikan penelitian ini adalah Kepala Sekolah guru Pendidikan Agama Islam yang dijadikan objek penelitian, Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verivication. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan tringulasi sumber Hasil penelitian menunjukan bahwa guru Pendidikan Agama Islam sudah baik dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru Pendidikan Agama Islam . Namun, profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam secara profesional belum terpenuhi karena ada latar belakang guru Pendidikan Agama Islam yang tidak sesuai dengan kelulusan. Upaya-upaya yang dilakukan Kepala Sekolah dan Guru Pendidikan Agama Islam sudah cukup baik Faktor yang dapat meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam yaitu sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran, sedangkan faktor yang menghambat profesionalisme guru Pendididkan Agma Islam adalah kurangnya motivasi, dana yang terbatas dan kemudian sarana dan prasarana belum lengkap seperti ruang laboratoriun Pendidikan Agama Islam dan juga buku yang menunjang belajar. Faktor-faktor yang berpengaruh dalam diri seorang guru guna meningkatkan kualitas profesionalismenya antara lain yaitu terdapat pada faktor internal, eksternal peserta didik, lingkungan, serta sarana dan prasarana penunjang belajar. Kata Kunci: Profesionalisme, Guru Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Dec 2022 03:04
Last Modified: 07 Dec 2022 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21970

Actions (login required)

View Item View Item