P E N GA R U H M OD E L P E M B E L A J A R A N SOMATIQ, AUDITORY, VISUAL, INTELEKTUAL DENGAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

UMI, NURKHOLIFAH (2022) P E N GA R U H M OD E L P E M B E L A J A R A N SOMATIQ, AUDITORY, VISUAL, INTELEKTUAL DENGAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (12MB)
[thumbnail of Skripsi_Umi Nurkholifah_1811060307.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Somatik, Auditory, Visual, Intelektual dengan video animasi terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental. Teknik pengumpulan sampel menggunakan Cluster Random Sampling dari seluruh peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung dan didapatkan sampel yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dua kali yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (postest) menggunakan instrument penelitian berupa soal tes kemampuan berpikir kreatif yang telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t untuk menjawab hipotesis. Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan uji liliefors untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak. Kemudian uji homogenitas dilakukan untuk mengetahui data bersifat homogen atau tidak. Hasil perhitungan uji t dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa Sig (2-tailed) pada hasil kemampuan berpikir kreatif memiliki nilai 0,00 < α 0,005. Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: terdapat pengaruh model pembelajaran Somatik, Auditory, Visual, Intelektual dengan video animasi terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata kunci: Model pembelajaran Somaik, Auditory, Visual, Intelektual, Video animasi, Kemampuan berpikir kreatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Dec 2022 03:02
Last Modified: 07 Dec 2022 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21967

Actions (login required)

View Item View Item