PENGARUH KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK DI MTs AL-KHAIRIYAH NATAR

IMRO’ATIN, HASANAH (2022) PENGARUH KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK DI MTs AL-KHAIRIYAH NATAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of IMRO'ATIN FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Prokrastinasi merupakan suatu penundaan yang dilakukan secara sengaja dan berulang-ulang dengan melakukan aktivitas lain yang tidak diperlukan dalam mengerjakan tugas. Perilaku prokrastinasi akademik yang dilakukan oleh peserta didik didominasi oleh keyakinan irasional, berpikir irasional ini diawali dengan belajar secara tidak logis yang biasanya diperoleh dari orangtua dan budaya tempat di besarkan. Berpikir secara irasional akan tercermin dari kata�kata yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok menggunakan pendekatan cognitive behavior therapy terhadap prokrastinasi akademik peserta didik di MTs Al-Khairiyah Natar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Designs. Populasi dalam penelitian ini adalah 38 peserta didik kelas VIIIB dan VIIIA dengan jumlah sampel 16 peserta didik yang terdiri dari 8 peserta didik kelas VIIIB dan 8 peserta didik kelas VIIIA. Dari hasil perhitungan skor rata-rata pretest prokrastinasi akademik peserta didik kelompok eksperimen diperoleh hasil sebesar 102,5 setelah mengikuti konseling kelompok dengan pendekatan cognitive behavior therapy kelompok eksperimen mengalami penurunan menjadi 54,875. Dari hasil uji non parametrik wilcoxon menggunakan SPSS versi 22 didapatkan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) 0,012 pada kelompok eksperimen, dimana 0,012 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan pendekatan Cognitive Behavior Therapy berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik peserta didik kelas VIII di MTs Al-Khairiyah Natar Tahun Ajaran 2021/2022. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Cognitive Behavior Therapy, Prokrastinasi Akademik iv ABSTRACT Procrastination is a delay that is done intentionally and repeatedly by doing other activities that are not needed in doing the task. Academic procrastination behavior carried out by students is dominated by irrational beliefs, this irrational thinking begins with illogical learning which is usually obtained from parents and the culture in which they grew up. The purpose of this study was to determine the effect of group counseling using a cognitive behavior therapy approach on the academic procrastination of students at MTs Al-Khairiyah Natar. This study uses a quantitative approach with the type of Quasi Experimental research and the design used is Nonequivalent Control Group Designs. The population in this study were 38 students of class VIIIB and VIIIA with a total sample of 16 students consisting of 8 students of class VIIIB and 8 students of class VIIIA. From the results of the calculation of the average pretest score of the experimental group students' academic procrastination, the result was 102.5 after attending group counseling with the cognitive behavior therapy approach, the experimental group decreased to 54.875. From the results of the Wilcoxon non-parametric test using SPSS version 22, the Asymp results were obtained. Sig. (2- tailed) 0.012 in the experimental group, where 0.012 <0.05 which means Ho is rejected and H1 is accepted. It can be concluded that group counseling with the Cognitive Behavior Therapy approach has an effect on the academic procrastination of class VIII students at MTs Al-Khairiyah Natar in the 2021/2022 academic year. Keywords: Group Counseling, Cognitive Behavior Therapy, Academic Procrastination

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Dec 2022 02:16
Last Modified: 07 Dec 2022 02:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21963

Actions (login required)

View Item View Item