BIMBINGAN PUSAKA SAKINAH UNTUK MENANGANI PERMASALAHAN KELUARGA DI KUA KECAMATAN BUAY MADANG KABUPATEN OKU TIMUR PROVINSI SUMATRA SELATAN

EDO, DARMAWAN (2022) BIMBINGAN PUSAKA SAKINAH UNTUK MENANGANI PERMASALAHAN KELUARGA DI KUA KECAMATAN BUAY MADANG KABUPATEN OKU TIMUR PROVINSI SUMATRA SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI EDO DARMAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Keluarga yang sakinah merupakan keinginan bagi seluruh pasangan suami istri untuk menciptakan ketenangan jiwa dan kenyamanan rumah tangga, tapi didalam berjalannya hubungan pasangan suami istri dalam berumah tangga tidak selamanya berjalan lancar dan mulus, adakalanya rumah tangga diliputi rasa suka, terkadang juga diliputi rasa duka karena permasalahan yang dihadapinya. Permasalahan- permasalahan yang dihadapi pasangan suami istri cukup komplek seperti masalah ekonomi, ketidak adanya keturunan, dan komunikasi yang kurang efektif, hal-hal seperti inilah yang bisa menyebabkan rumah tangga kurang harmonis dan bahkan bisa menyebabkan perceraian. Maka dari itu KUA Kecamatan Buay Madang melakukan upaya guna membantu pasangan suami istri untuk menangani permasalahan yang dihadapi dengan melakukan bimbingan pusaka sakinah. Adapun tujuan dari diadakannya penelitian ini iyalah untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan pusaka sakinah untuk menangani permasalahan keluarga. Jenis penelitian ini yaitu field research (penelitian lapangan), dengan sifat penelitian metode kualitatif deskriptif yaitu yang menggambarkan secara lengkap data yang diperoleh dari wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu 3 pasangan suami istri, 1 kepala kantor urusan agama, dan 1 penyuluh agama. Tekhnik analisis data pada penelitian ini menggunakan wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan penyuluh agama yaitu dengan tahapan bimbingan pusaka sakinah yaitu: 1) tahap perencanaan kegiatan, yaitu mempersiapkan segala kebutuhan untuk memperlancar program bimbingan pusaka sakinah meliputi, sosialisasi, identifikasi maslah, mengadakan rapat kegiatan dengan BIMAS Islam, menyusun SK panitia, Narasumber, Moderator dan Peserta, menyusun jadwal kegiatan, mengkonfirmasi tempat kegiatan. 2) Pelaksanaan kegia meliputi Iplementasi program 3) Evaluasi kegiatan, yaitu kegiatan bimbingan pusaka sakinah dinilai memberikan dampak perubahan yang sesuai berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dari program pembinaan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pasangan suami istri yang memiliki permasalahan keluarga di KUA Kecamatan Buay Madang memiliki perubahan baik dari cara penyelesaian masalah yang dihadapi, dan mau menerima kekurangan pasangan masing-masing setelah mengikuti program bimbingan pusaka sakinah. Hal ini dapat dilihat dari pasangan suami istri yang lebih harmonis dan saling terbuka satu sama lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Dec 2022 02:05
Last Modified: 07 Dec 2022 02:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21962

Actions (login required)

View Item View Item