PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK MEMANFAATKAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI MADRASAH ALIYAH PESANTREN SATU ATAP ISTIQOMAH ISLAMIAH TULANG BAWANG BARAT

HENNY, Rohimin (2022) PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK MEMANFAATKAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI MADRASAH ALIYAH PESANTREN SATU ATAP ISTIQOMAH ISLAMIAH TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SEKRIPSI HENNY BKPI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Mayoritas peserta didik kurang memiliki minat pada layanan bimbingan konseling, begitu juga peserta didik pada Madrasah Aliyah Pesantren Satu Atap Istiqomah Islamiah Tulang Bawang Barat kurang memiliki minat pada layanan bimbingan konseling yang diberikan oleh guru BK ataupun konselor. Hal ini dikarenakan peserta didik kurang familiar dengan bimbingan konseling yang diberikan oleh guru BK ataupun konselor dan stigma negatif bahwasanya guru BK merupakan polisi sekolah sehingga menimbulkan kesan takut untuk berurusan dengan hal yang berkaitan dengan BK. Hal ini merupakan suatu indikasi yang tidak baik dikarenakan peserta didik bisa memanfaatkan layanan bimbingan konseling tersebut untuk berkonsultasi terkait potensi yang dimilikinya dan kecenderungan positif lainya seperti hobi dll. Penelitian yang dilangsungkan pada MA PSA Istiqomah Islamiah Tulang Bawang Barat memiliki tujuan penelitian yakni untuk mengetahui bagaimana penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi oleh guru BK, untuk meningkatkan minat peserta didik dalam memanfaatkan layanan bimbingan konseling di MA PSA Istiqomah Islamiah Tulang Bawang Barat dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi minat peserta didik dalam memanfaatkan layanan bimbingan konseling di MA PSA Istiqomah Islamiah Tulang Bawang Barat. Penelitian yanng digunakan penulis adalah penelitian dengan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), yang pada dasarnya merupakan cara untuk menemukan secara khusus dan realitas tentang apa yang terjadi dalam ruang lingkup konsep bagaimana penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan minat peserta didik dalam memanfaatkan layanan bimbingan konseling di Madrasah Aliyah Pesantren Satu Atap Istiqomah Islamiah Tulang Bawang Barat. dalam hal ini langsung mengamati peserta didik di MA PSA Istiqomah Islamiah Tulang Bawang Barat. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa peserta didik memanfaatkan layanan bimbingan konseling dengan baik serta aktif dalam mengikuti bimbingan kelompok menggunakan teknik diskusi di kelas. Keberhasilan teknik diskusi dalam meningkatkan minat peserta didik dalam memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling dinilai cukup signifikan, hal ini dkarenakan guru bimbingan dan konseling melakukan teknik diskusi secara baik melalui berbagai macam tahapan sampai memperoleh sebuah kesimpulan. Salah satu faktor pendukung bimbingan kelompok dengan teknik diskusi ialah guru bimbingan konseling yang profesional dan melakukan teknik diskusi dengan cara yang menyenangkan, kemudian Penegak disiplin/staf kepeserta didikan menyatakan bahwa pelaksanaan program bimbingan dan konseling akan berjalan dengan baik ketika seluruh personil bimbingan mampu bekerja sama, yaitu kerjasama antara para staf, para guru studi dan guru bimbingan dan konseling untuk meningkatkan keberhasilan pelayanan bimbingan dan konseling. Kata Kunci: Bimbingan kelompok, Teknik diskusi, Minat iii ABSTRACT The majority of students lack interest in counseling guidance services, students at MA PSA Istiqomah Islamiah Tulang Bawang Barat have less interest in counseling guidance services provided by BK teachers or counselors this is because students are less familiar with counseling guidance provided by BK teachers or counselors and the negative stigma that BK teachers are school police so that it creates the impression of being afraid to deal with matters related to BK, this is a bad indication because students can take advantage of the counseling guidance service to consult regarding their potential and positive tendencies other things such as hobbies, etc., the research that will be carried out at MA PSA Istiqomah Islamiah Tulang Bawang Barat has a research objective, namely to find out how to apply group guidance with discussion techniques by BK teachers, to increase student interest. Students in utilizing counseling guidance services at Madrasah Aliyah One-Roof Islamic Boarding School Istiqomah Islamiah Tulang Bawang Barat and to find out what are the supporting and inhibiting factors that influence students' interest in using counseling guidance services at Madrasah Aliyah Pesantren One Roof Istiqomah Islamiah Tulang Bawang Barat. The research used by the author is qualitative research with the type of field research (field research) which is basically a way to find out specifically and the reality of what is happening within the scope of the concept of how to apply group guidance with discussion techniques to increase students' interest in using tutoring services. Counseling at Madrasah Aliyah One-Stop Islamic Boarding School Istiqomah Islamiah Tulang Bawang Barat. in this case, directly observing students at MA PSA Istiqomah Islamiah Tulang Bawang Barat. The results of observations and interviews showed that students used counseling guidance services well and were active in participating in group guidance using discussion techniques in class. The success of discussion techniques in increasing the interest of students in utilizing guidance and counseling services is considered quite significant, this is because the guidance and counseling teachers carry out discussion techniques well through various stages to obtain a conclusion. One of the supporting factors for group guidance with discussion techniques is a professional counseling guidance teacher and conducts discussion techniques in a fun way, then discipline enforcers/student staff state that the implementation of the guidance and counseling program will run well when all guidance personnel are able to work together, namely cooperation between staff, study teachers and guidance and counseling teachers to increase the success of guidance and counseling services. Keywords: Group guidance, discussion techniques, interests

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2022 07:48
Last Modified: 06 Dec 2022 07:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21960

Actions (login required)

View Item View Item