PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING BERBASIS PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN (PBMP) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN SELF REGULATION BIOLOGI KELAS XI DI SMA PERINTIS 1 BANDAR LAMPUNG

Yufita, Dewi Susanda (2022) PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING BERBASIS PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN (PBMP) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN SELF REGULATION BIOLOGI KELAS XI DI SMA PERINTIS 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-5 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Yufita Dewi._Revisi Munaqosah - Salin(1).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan metakognisi dan self regulation peserta didik berdasarkan dari hasil pra-penelitian, hal tersebut dikarenakan kurangnya minat peserta didik dalam pembelajaran dan pasifnya peserta didik dalam pembelajaran sehingga kemampuan metakognisi dan self regulation peserta didik masih tergolong rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain posttest control group desaign. Sampel penelitian ini 66 peserta didik kelas XI IPA di SMA Perintis 1 Bandar Lampung menggunakan tekhnik pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling dengan 2 sampel kelas yaitu kelas XI IPA 3 (kelas eksperimen) dengan menerapkan model Reciprocal Teaching berbasis PBMP, dan kelas XI IPA 2 (kelas kontrol) menggunakan model Discovery Learning. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji MANOVA. Berdasarkan hasil uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov smirnov dan uji homogenitas menggunakan Bok’s M perolehan data tersebut normal dan homogeny, sehingga dapat digunakan untuk pengujian hipotesis yang menggunakan uji MANOVA memperoleh taraf signifikasi < 0,05 yaitu 0,00 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model Reciprocal Teaching berbasis PBMP berpengaruh baik terhadap kemampuan metakognisi dan self regulation peserta didik. Kata Kunci: Reciprocal Teaching, Kemampuan Metakognisi, PBMP, Self Regulation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2022 06:52
Last Modified: 06 Dec 2022 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21955

Actions (login required)

View Item View Item