PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK DI TAMAN KANAK�KANAK RA-ALMUHTARAM

FITRI, AULIA (2022) PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK DI TAMAN KANAK�KANAK RA-ALMUHTARAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FITRI AULIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan bahasa anak di Taman kanak-kanak RA�ALMUHTARAM adalah masih kurang bervariasi, dan metode bernyanyi masih kurang diterapkan, karena lebih memfokuskan menulis, membaca, dan berhitung. Usaha ataupun upaya yang dilakukan guru disana terutama dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini yang akan memasuki pendidikan kejenjang selanjutnya masih kurang bervariasi dalam mencapai tujuan pengembangan bahasa melalui metode bernyanyi, sehingga anak-anak mudah bosan dan jenuh, kemudian membuat suasana dikelas tidak kondusif. Metode bernyanyi merupakan salah satu metode yang sangat digemari oleh anak-anak, ampir setiap anak sangat menikmati lagu-lagu atau nyanyian yang didengarkan, lebih-lebih jika nyanyian tersebut dibawakan oleh anak-anak seusianya dan diikuti dengan gerakan-gerakan tubuh yang sederhana. Dengan demikian tujuan penulis untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bernyanyi untuk mengembangkan bahasa anak di Taman Kanak-Kanak RA�ALMUHTARAM? Metode penelitian yang penulis gunakan ini adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di taman kanak-kanak AL-MUHTARAM dengan jumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Dan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bernyanyi untuk mengembangkan bahasa anak di Taman Kanak-Kanak RA-ALMUHTARAM, melalui pengamatan yang dilakukan oleh penulis selama pembelajaran berlangsung. Kata kunci : Perkembangan bahasa, metode bernyanyi, anak usia dini iii ABSTRATC The development of children's language at RA�ALMUHTARAM Kindergarten is still less varied, and the singing method is still less applied, because it focuses more on writing, reading, and counting. Efforts or efforts made by teachers there, especially in developing the language skills of early childhood who will enter the next level of education, are still less varied in achieving language development goals through the singing method, so that children get bored and bored easily, then create an atmosphere in the classroom that is not conducive. The singing method is one method that is very popular with children, almost every child really enjoys the songs or chants that are heard, especially if the songs are sung by children his age and followed by simple body movements. Thus the author's goal is to find out how to apply the singing method to develop children's language in RA-ALMUHTARAM Kindergarten? The research method that the author uses is descriptive qualitative method. The subjects in this study were students at AL�MUHTARAM kindergarten with a total of 20 children. Data collection techniques in this study used interview, observation, and documentation techniques. For data analysis researchers used data reduction, data presentation and drawing conclusions. And to test the validity of the data the researcher used observation extension, increased persistence, triangulation, and used reference materials. Based on the results of the study, it can be concluded that the application of the singing method to develop children's language in RA-ALMUHTARAM Kindergarten, through observations made by the author during the learning process, the development of children's language through the singing method can develop well. Keywords: Language development, singing method, early childhood

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2022 04:06
Last Modified: 06 Dec 2022 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21950

Actions (login required)

View Item View Item