IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN CITRA MADRASAH DI MA MA’ARIF KEPUTRAN KECAMATAN SUKOHARJO PRINGSEWU

SYARIFA, ALFAUZIA (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN CITRA MADRASAH DI MA MA’ARIF KEPUTRAN KECAMATAN SUKOHARJO PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FULL SYARIFA  ALFAUZIA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Bagi lembaga pendidikan terutama madrasah atau sekolah swasta sangat diperlukan pemasaran pendidikan, dikarenakan seiring berjalanya waktu, dampak globaliasasi yang semakin meluas, menyebabkan persaingan lembaga pendidikan khususnya lembaga pendidikan swasta semakin meningkat. Pemasaran pendidikan dilakukan untuk membangun citra positif sekolah terhadap masyarakat, Atas dasar itu maka sebagai tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Produk (product) apa saja yang ditawarkan. 2) Untuk mengetahui penerapan harga (price). 3) Untuk mengetahui keadaan tempat (place). 4) Untuk mengetahui promosi yang dilakukan. 5) Untuk mengetahui sumber daya manusia (people). 6) Untuk mengetahui proses yang dilakukan. 7) Untuk mengetahui bentuk fisik (physical evidence). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu: data primer dan data sekunder. Adapun sumber dari data tersebut adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Bidang Krikulum, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Guru, Staf TU. Selanjutnya teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) MA Ma'arif Keputran memilliki program yang di unggulkan yaitu siswa dan siswi yang memiliki banyak keungulan bidang akademik maupun non akademik dari 580 siswa 150 siswa MA Ma'arif Keputran memiliki prestasi dan yang paling menojol adalah prestasi non akademik dalam bidang olahraga dan di topang dengan program bidang akademik yang baik yaitu menerapkan program kurikulum K13 revisi selain itu madrasah memiliki program tambahan yang di tawarkan yaitu program ekstrakulikuler dan intrakulikuler 2) Biaya pendidikan terbilang murah dibayar dalam bentuk triwulan atau satu semester siswa membayar Rp.400.000 dan proses madrasah dalam menetapkan harga dengan cara rapat bersama para jajaran tenaga pendidik beserta komite madrasah. 3) MA Ma‘arif Keputran memiliki lokasi yang stratgis dimana: Sebelah timur berbatasan dengan perumahan warga, Sebelah selatan berbatasan dengan perumahan warga, Sebelah barat berbatasan dengan jalan raya, Sebelah utara berbatasan dengan perumahan warga, maka dari itu MA Ma‘arif Keputran berada di tengah-tengah masyarakat dan jarak MA Ma‘arif Keputran dengan iv sekolah lainya lumayan cukup jauh 3-3,5 km serta tidak jauh dari pusat kota sehingga memudahkan akses siswa dan terjangkaunya fasilitas umum dengan demikian masyarakat atau siswa mudah mengenali keberadaan madrasah serta memiliki lingkungan yang nyaman. 4) Promosi dilakukan dengan media cetak, media sosial, serta mengadakan event seperti Ma‘arif cup, pawai madrasah dan kegiatan bakti sosial. Dalam melakukan promosi madrasah di bantu oleh siswa dan alumni melalui mulut kemulut. Serta melakukan kerja sama beberapa pihak lembaga pendidikan MTs/SMP. 5) Sumber daya manusia yaitu siswa, tenaga pendidik, dan wali murid sudah baik. Tenaga pendidik juga sudah memenuhi kriteria kepegawaian, sehingga semua tenaga pendidik telah menempuh S-1 dan beberapa telah menempuh S-2. 6) proses dilakukan ada dua macam yaitu proses administrasi (biaya pendidikan) dan proses awal pembelajaran sesuai dengan pedoman kurikulum sehingga berjalan secara efektif dan efisien dan proses penerimaan peserta didik baru dimulai dengan pembentukan panitia PPDB, seleksi berkas, seleksi tertulis dan lisan, dan proses pengenalan lingkungan madrasah. 7) Fasilitas sarana dan prasarana cukup memadai dalam menunjang kegiatan proses belajar mengajar dan kondisi sarana dan prasarana yang ada di MA Ma‘arif Keputran cukup baik, tidak ada yang mengalami kerusakan berat. Akan tetapi madrasah tidak memiliki ruang laboratorium MIPA. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pendidikan, Citra Madrasah v ABSTRACT For educational institutions, especially madrasas or private schools, education marketing is very necessary, because over time, the impact of globalization is increasingly widespread, causing competition for educational institutions, especially private educational institutions, to increase. Educational marketing is carried out to build a positive image of the school towards the community. On that basis, the objectives of this study are 1) To find out what products are offered. 2) To find out the application of the price (price). 3) To find out the state of the place (place). 4) To find out the promotions carried out. 5) To know human resources (people). 6) To find out the process carried out. 7) To know the physical form (physical evidence). This research uses descriptive qualitative research. There are two sources of data in this study, namely: primary data and secondary data. The sources of the data are the Head of Madrasah, Deputy Head of Curriculum, Deputy Head of Student Affairs, Teachers, TU Staff. Furthermore, data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. And test the validity of the data using source triangulation. The results obtained from this study are 1) MA Ma'arif Keputran has a superior program, namely students who have many advantages in academic and non-academic fields from 580 students, 150 students of MA Ma'arif Keputran have achievements and the most prominent is achievement non-academic in the field of sports and supported by good academic programs, namely implementing the revised K13 curriculum program, besides that madrasas have additional programs on offer, namely extracurricular and intracurricular programs 2) Education costs are relatively cheap to be paid in the form of quarterly or one semester students pay Rp. .400,000 and the madrasa process in setting prices by means of a meeting with the ranks of educators and the madrasa committee. 3) MA Ma'arif Keputran has a strategic location where: To the east it is bordered by residential residents, to the south it is bordered by residential areas, to the west it is bordered by roads, to the north it is bordered by residential residents, therefore MA Ma'arif Keputran is located in the midst of the community and the distance between MA Ma'arif Keputran and other schools is quite far from 3 to 3.5 km and not far from the city center so as to facilitate student access and affordable public facilities so that the community or students easily recognize the existence of the vi madrasa and have an environment comfortable. 4) Promotion is carried out through print media, social media, as well as holding events such as the Ma'arif cup, madrasa parades and social service activities. In promoting madrasas, students and alumni are assisted by word of mouth. As well as collaborating with several MTs/SMP educational institutions. 5) Human resources, namely students, educators, and guardians of students are good. Educators have also met the staffing criteria, so all educators have taken S-1 and some have taken S-2. 6) there are two kinds of processes, namely the administrative process (education costs) and the initial learning process in accordance with the curriculum guidelines so that it runs effectively and efficiently and the new student admission process begins with the formation of the PPDB committee, file selection, written and oral selection, and the process introduction to the madrasa environment. 7) Facilities and infrastructure are adequate to support teaching and learning process activities and the condition of the facilities and infrastructure at MA Ma'arif Keputran is quite good, none of them were seriously damaged. However, madrasas do not have MIPA laboratory space. Keywords: Marketing Strategy, Education, Madrasa Image

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:34
Last Modified: 06 Dec 2022 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21949

Actions (login required)

View Item View Item