IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MA AL HIKMAH BANDAR LAMPUNG

FIDYA, NUR RACHMA (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MA AL HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL FIDYA NUR RACHMA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen peserta didik merupakan suatu penataan dan pengaturan menyangkut aktivitas yang berkaitan dengan peserta didik. Implementasi merupakan suatu proses penerapan ide, konsep, kebijakan, atau inovasi dalam suatu tindakan praktis sehingga memberikan dampak baik berupa perubahan pengetahuan,keterampilan maupun sikap. Manajemen peserta didik adalah suatu layananyang memusatkan perhatian pada pengaturan, pengawasan, dan layanan siswa dikelas dan di luar kelas seperti pengenalan, pendaftaran, layanan individu seperti pengembangan keseluruhan kemampuan, minat, kebutuhan sampai ia matang di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk terlaksananya implementasi manajemen peserta didik di MA Al-Hikmah Bandar Lampung yang dapat berjalan sebagaimana mestinya. Penelitian ini menggunakan penelitiandeskriptifkualitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data diperoleh dari data primer yang dijadikan acuan sebagai data utama untuk mendukung penelitian serta data sekunder sebagai sumber data pendukung dalam penelitian. Wawancara, Observasi dan Dokumentasi dilakukan sebagai bahan pengumpulan data. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi sumber digunakan sebagai alat uji keabsahan data. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen peserta didik di MA Al-Hikmah Bandar Lampung berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari indikator-indikator implementasi manajemen peserta didik yang telah terlaksana seperti 1).Analisisi Kebutuhan Peserta Didik yang mana seluruh dewan guru serta staf mengadakan rapat untuk menentuk jumlah peserta didik yang akan diterima, 2).Rekrutimen Peserta Didikmengacu pada hasil analisis kebutuhan peserta didik yang telah ditetapkan secara bersama, 3).Seleksi Peserta Didikuntuk mengetahui kemampuan atau pengetahuan, minat, dan bakat calon peserta didik, 4).Orientasi Peserta Didik dilakukan untuk lebih mengenal dan dapat membaur dengan lingkungan madrasah serta guru yang akan memberikan kegiatan belajar mengajar, 5).Penempatan Peserta Didikdilaksanakan berdasarkan pertimbangan hasil tes dan juga melihat melihat dari minat calon peserta didik, 6).Pencatatan dan Pelaporan Peserta Didikdimulai ketika peserta didik ditetapkan menjadi siswa di madrasah tersebut sampai mereka lulus atau selesai, 7).Pembinaan dan Pengembangan Peserta Didikdilakukan agar peserta didik mendapatkan bermacam�macam pengalaman belajar untuk bekal kehidupan di masa yang akan datang, dan 8).Kelulusan dan Alumni yang mana pada madrasah setelah peserta didik lulus mereka akan tergabung dalam satu wadah yaitu Ikatan Keluarga Alumni. Kata Kunci: Implementasi, Manajemen, Peserta Didik iv ABSTRACK Student management were an arrangement regards on activities related to students. Implementation were a process of applying ideas, concepts, policies, or innovations in a practical action as to be a good impact in the form of changes in knowledge,skills and attitudes. Student management were a service that focuses on the management, supervision, and services of students in the classroom and outside the classroom such as introduction, enrollment, individual services such as the development of the overall abilities, interests, needs until he matures at school. The purpose of this research is to implement student management at MA Al-Hikmah Bandar Lampung which can run as it should. This research uses descriptive qualitative research, with the type of field research. Sources of data obtained from primary data which is used as a reference as the main data to support research and secondary data as a source of supporting data in research. Interviews, Observations and Documentation were conducted as data collection materials. Data analysis techniques with data reduction, data presentation and drawing conclusions. Source triangulation is used as a data validity test tool. From the results of the study showed that the management of students at MA Al-Hikmah Bandar Lampung went well. This can be seen from the indicators of the implementation of student management that have been carried out such as 1).Student Needs Analysis in which the entire board of teachers and staff hold a meeting to determine the number of students to be accepted, 2).Student Recruitment refers to the results analysis of the needs of students that have been determined jointly, 3).Selection of students to determine the abilities or knowledge, interests, and talents of prospective students, 4).Orientation of students is carried out to get to know and be able to blend in with the madrasa environment and teachers who will provide teaching and learning activities, 5).The placement of students is carried out based on consideration of test results and also looking at the interests of prospective students, 6).Student Recording and Reporting begins when students are determined to be students at the madrasa until they graduate or finish, 7).Coaching and Development of Students were carried out so that students students get a variety of learning experiences for the provision of life in the future, and 8).Graduates and Alumni which at the madrasa after students graduate they will be joined in one container, namely the Alumni Family Association. Keyword: Implementation, Management, Studen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:32
Last Modified: 06 Dec 2022 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21948

Actions (login required)

View Item View Item