PENGARUH SUKUK TERHADAP LIKUIDITAS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (Studi Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2018-2020)

Alin, Yulia Putri (2022) PENGARUH SUKUK TERHADAP LIKUIDITAS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (Studi Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2018-2020). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALIN YULIA..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul ”Pengaruh Sukuk Terhadap Likuiditas Bank Umum Syariah di Indonesia 2018-2020”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pertumbungan sukuk serta likuiditas yang cukup meningkat dan berkembang sangat pesat tiap tahunnya. Oleh karena itu tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh sukuk terhadap likuiditas itu sendiri apakah berkembang cukup pesat atau hanya sebagai pelengkap dan tidak signifikan terhadap Bank Umum Syariah sebagai studi kasus dan sumber data dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode purposive sampling dan menggunakan E-views 10 untuk mengelola datanya. Jumlah perusahaan yang dijadikan sample dalam penelitian ini berjumlah 39. Data yang digunakan berupa data sekunder dari laporan keuangan perusahaan yang digunakan. Variabel independen dalam penelitian ini berupa sukuk (Y) sedangkan variabel dependennya yaitu likuiditas lembaga keuangan syariah (X). Pengumpulan data diambil dari laporan keuangan tahunan setiap perusahaan yang akan dijadikan sample dalam penelitian ini. Dan yang terkumpul dalam data yang terkumpul di analisis menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terhadap sukuk pada perusahaan yang terdaftar pada bank umum syariah pada tahun 2018-2020. Maka dapat disimpulkan sebagai berikut : berdasarkan uji besarnya koefisien determinasi atau adjust R2 adalah 0.134910 atau 13,5 %. Hal tersebut menunjukan bahwa 13.5% variasi variabel rating dapat dijelaskan oleh variabel independen yakni sukuk atau obligasi syariah sedangkan sisanya ( 100%-13.5% =86,5%) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan oleh model. Berdasarkan koefisien regresi sukuk secara parsial, hasil analisis regresi menunjukan nilai probabilitas sebesar 0.0226. hal ini menunjukan bahwa pengaruh variabel yaitu sukuk berpengaruh negatif terhadap likuiditas lembaga keuangan syariah. Kata Kunci : Sukuk (Obligasi Syariah) ,Likuiditas, Lembaga Keuangan Syariah, Bank Umum Syariah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:27
Last Modified: 06 Dec 2022 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21946

Actions (login required)

View Item View Item