PENGARUH KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN CLIENT CENTERED TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SATU PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 6 DI SMAN 3 BANDAR LAMPUNG

AYU, MUSTIKA LESTARI (2022) PENGARUH KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN CLIENT CENTERED TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SATU PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 6 DI SMAN 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1& 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi belajar adalah salah satu faktor pendorong untuk peserta didikagar aktif dalam pembelajaran sehingga tercapainya suatu keberhasilan dalam pembelajaran. Ada tidaknya motivasi belajar dalam diri setiap peserta didik sangat mempengaruhi keberhasilan dalam pembelajaran,keberhasilan ini akan tercapai apabila pada setiap peserta didik memiliki motivasi belajar yang tinggi. Namun kondisi pembelajaran daring menyebabkan kesulitan bagi guru untuk mengontrolsuasana belajar karena terbatasnya ruang. Kondisi ini menyebabkan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA 6 SMAN 3 Bandar Lampung menurun. Terdapat peserta didik yang terindikasi memiliki motivasi belajar yang rendah. Hal ini dapat dilihat dari prilaku peserta didik yang malas mengerjakan tugas, jarang mengumpulkan tugas, sering bolos ketika pembelajaran di mulai, mudah menyerah, tidak mau mencoba sesuatu yang baru, sering tidak mengisi absensi. Sehingga perlu dilakukan penelitian dengan judul pengaruh konseling individu dengan pendekatan client centered terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA 6 di SMAN 3 Bandar Lampung. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh konseling individu dengan pendekatan client centeredterhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA 6 di SMAN 3 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan Single Subjcet Research (SSR).Desain penelitian yang digunakan pada penilitian ini adalah dengan menggunakan desain penilaian A-B-A. yaitu baseline A1 adalah suatu gambaran awal sebelum diberikan treatment, intervensi B1 adalah gambaran saat intervensi, dan baseline A2 dilakukan tinjauan ulang setelah dilakukan intervensi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, teknik dokumentasi, dan teknik observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskritif dengan menggunakan grafik. Pada fase baseline A1, terlihat motivasi belajar peserta didik tidak stabil. Pada fase intervensi B, konseli diberikan intervensi yaitu konseling individu dengan pendekatan client centered terhadap motivasi belajar peserta didik yang menunjukkan hasil pada peserta didik. Kemudian diberikan pengamatan kembali pada fase A2 tanpa diberikannya intervensi dan menunjukkan hasil yang stabil.Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dinyatakan bahwa pengaruh konseling individu dengan pendekatan client centered berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA 6 di SMAN 3 Bandar Lampung. iii ABSTRACT Motivation is one of the driving factors for students to be active in learning so that success in learning is achieved. The presence or absence of learning motivation in each student greatly affects success in learning, this success will be achieved if each student has high learning motivation. However, online learning conditions make it difficult for teachers to control the learning atmosphere due to limited space. This condition causes the learning motivation of students in class XI IPA 6 of SMAN 3 Bandar Lampung to decrease. Some students are indicated to have low learning motivation. This can be seen from the behavior of students who are lazy to do assignments, rarely collect assignments, often skip classes when learning starts, give up easily, don't want to try something new, and often don't fill in attendance. So it is necessary to do research with the title of the influence of individual counseling with a client centered approach to the learning motivation of students in class XI IPA 6 at SMAN 3 Bandar Lampung. The purpose of this study was to determine the effect of individual counseling with a client centered approach on the learning motivation of students in class XI IPA 6 at SMAN 3 Bandar Lampung. This type of research uses Single Subject Research (SSR).The research design used in this research was to use the A-B-A assessment design. namely baseline A1 is an initial picture before being given treatment, intervention B1 was a description of the subject's ability during repeated behavioral treatment by looking at the results at the time of the intervention, and baseline A2 is reviewed after the intervention. Data collection techniques in this study used interview techniques, documentation techniques, and observation techniques. The data analysis technique used is descriptive analysis using graphs. In the A1 baseline phase, it looks like the students' learning motivation is not stable. In the intervention phase B, the counselee was given an intervention, namely individual counseling with a client centered approach to the learning motivation of students which shows the results of increasing learning motivation in students. Then given another observation in phase A2 without intervention and showed stable results. Based on this, it can be stated that the influence of individual counseling with a client centered approach affects the learning motivation of students in class XI IPA 6 at SMAN 3 Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:21
Last Modified: 06 Dec 2022 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21942

Actions (login required)

View Item View Item