Nurdianto, Tri (2017) STUDI TENTANG PEMBINAAN AKHLAK PADA PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SMP 17 1 PAGELARAN. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (90kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (93kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (152kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (24kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (138kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (12kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (31kB) | Preview |
Abstract
Tesis ini mengkaji upaya yang dilakukan pembina ekstrakurikuler dalam pembinaan akhlak peserta didik di SMP 17 1 Pagelaran. Permasalahan yang dibahas dalam tesis ini meliputi berbagai bentuk kegiatan ekstrakurikuler PAI yang dilaksanakan di, upaya yang dilakukan di SMP 17 1 Pagelaran oleh pembina kegiatan ekstrakurikuler PAI dalam membina akhlak mulia peserta didik di SMPN 17 Pagelaran dan faktor-faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler PAI di SMP 17 1 Pagelaran . Untuk membahas permasalahan yang diajukan tersebut, dilakukan pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber data yang diperoleh yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, pembina kegiatan ekstrakurikuler PAI, Kepala Tata Usaha dan peserta didik. Data yang dikumpulkan kemudian diolah melalui tiga tahap yakni reduksi data, display data, dan verifikasi data, lalu ditarik kesimpulan dan dianalisis secara kualitatif. Untuk mengkaji permasalahan dalam tesis ini, digunakan pendekatan interdisipliner, yaitu pendekatan teologis-normatif, pendekatan paedagogis, pendekatan psikologis, dan pendekatan sosiologis. Setelah mengadakan analisis terhadap data yang diperoleh, hasilnya menunjukkan bahwa terdapat 10 bentuk kegiatan ekstrakurikuler PAI yang dikembangkan di SMP 17 1 Pagelaran dan semuanya mengarah pada upaya pembinaan akhlak peserta didik. Adapun upaya yang dilakukan pembina kegiatan ekstrakurikuler dalam pembinaan peserta didik meliputi upaya menanamkan dan membangkitkan keyakinan beragama, menanamkan etika pergaulan baik dalam lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah serta menanamkan kebiasaan yang baik berupa kedisiplinan, tanggungjawab, melakukan hubungan sosial dan melaksanakan ibadah ritual. Adapun implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Berbagai bentuk kegiatan ekstrakurikuler PAI yang telah dikembangkan di SMP 17 1 Pagelaran hendaklah dipertahankan, bahkan kalau perlu ditingkatkan dengan berbagai kreativitas yang mampu menunjang proses pembinaan akhlak bagi peserta didik. 2) Upaya maksimal yang telah dilakukan pembina ekstrakurikuler PAI dalam pembinaan akhlak peserta didik juga perlu inovasi dengan semakin menggali potensi-potensi sumber daya pendidikan yang tersedia guna pembinaan yang berkelanjutan. 3) Dukungan orang tua dalam bentuk partisipasi aktif pada setiap kegiatan ekstrakurikuler PAI hendaklah sejalan dengan program pembinaan yang dilakukan pembina, terutama keteladanan dan pengawasan dalam lingkungan keluarga.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 15 Nov 2017 08:07 |
Last Modified: | 15 Nov 2017 08:07 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2194 |
Actions (login required)
View Item |